oleh

Manfaat Jeruk Merah (Red Blood Oranges)  yang Ampuh Turunkan berat Badan

PENANEGERI, Kesehatan – Jeruk merah atau dikenal dengan nama Jeruk Darah atau Red Blood Oranges  a.k.a Blood Oranges ampuh menurunkan berat badan.

Jeruk Merah atau Jeruk Darah (Blood Oranges) secara tradisional berasal dari Sisilia, Spanyol dan California.

Warna merah terang dari jeruk darah berasal dari fitokimia yang disebut anthocyanin (antosianin).

Jeruk Merah atau dikenal sebagai Blood Orange
Jeruk Merah atau dikenal sebagai Blood Orange

Buah jeruk lainnya biasanya tidak mengandung antosianin, karena antosianin memberikan warna merah, ungu atau biru cerah.

Tingginya antosianin berarti Jeruk Darah ini mengandung sumber antioksidan yang kaya.

Menurut sebuah artikel kesehatan terbaru, yang berbasis penelitian, mengkonsusmi jeruk merah (Blood Oranges) dalam komposisi makanan Anda secara seimbang-harian, bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Jeruk Merah bisa memiliki rasa manis ekstra.

Jeruk Merah atau dikenal sebagai Blood Oranges, masih jarang ditemui di Indonesia

Jika Anda belum mencoba jeruk merah ini, maka bisa cari di toko-toko buah, hanya saja Orange Blood/Jeruk darah atau Jeruk Merah ini masih sangat jarang dijumpai di supermarket swalayan di Indonesia karena harus diimpor khusus dari California, Amerika, atau Sisilia,  Italia, juga Spanyol yang pasokannya juga diminati di seluruh dunia. Jadi jeruk merah atau Orange blood ini sangat jarang ada di toko buah di Indonesia.

Sebagai gantinya, Jeruk Bali yang dalamnya atau daging buahnya berwarna merah sebenarnya juga cukup ampuh untuk menurunkan berat badan, karena sama-sama mengandung antosianin.

Berikut adalah sebagian dari kandungan nutrisi Jeruk bali :

Vitamin C (107,4%)
Vitamin A (79%)
Asam pantotenat (14,4%)
Mineral tembaga (13,2%)
Serat (11,2%)
Kalium (10%)
Vitamin B1 (8,2%)

Untuk membantu menurunkan berat badan, Jeruk Bali memiliki kandungan enzim bernama protein kinase aktif. Enzim ini membantu tubuh Anda mengolah gula dan lemak sehingga proses metabolisme pun lebih cepat.

Karena proses metabolisme yang lancar, Anda pun akan semakin mudah menurunkan berat badan. Biasanya enzim protein kinase aktif akan mulai membakar gula dan lemak saat Anda berolahraga supaya otot mendapat asupan energi. Namun, enzim ini juga akan mulai bekerja ketika Anda mengonsumsi grapefruit karena buah ini memiliki senyawa nootkatone yang banyak ditemui pada buah jeruk. Senyawa tersebut mampu mengaktifkan enzim-enzim tertentu pada tubuh Anda, membakar kalori, serta mengurangi penumpukan lemak di perut.

Beberapa orang takut memakan buah saat ingin menurunkan berat badan karena merupakan sumber alami gula.

Namun, buah memiliki banyak manfaat kesehatan positif termasuk menjadi sumber serat, antioksidan, vitamin dan mineral yang baik. Tidak perlu menghindari buah saat ingin menurunkan berat badan.

Faktanya, menurut sebuah studi tahun 2015 asupan buah yang lebih banyak pada wanita dengan BMI normal, bisa menjauhkan dari risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang dewasa harus mendapatkan antara 4-5 porsi buah per hari.

Namun kebanyakan orang tidak memenuhi porsi harian buah dan sayuran yang direkomendasikan.

Buah jeruk umumnya dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, juga mengandung kalium, kalsium, vitamin B, fosfor, magnesium, tembaga, dan fitokimia.

Buah jeruk merupakan sumber terkonsentrasi vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang terkait dengan penyakit kronis.

Buah jeruk/citrus juga memiliki senyawa unik yang disebut limonoids. Limonoids telah terbukti membantu mencegah beberapa jenis kanker dan penyakit kardiovaskular.

Limonoid spesifik, nomilin, membantu tikus yang diberi diet tinggi lemak tidak bertambah banyak seperti tikus yang tidak diberi makan nomilin.

Memasukkan lebih banyak jeruk dalam makanan Anda bisa menambah rasa dan nutrisi tanpa menambah banyak kalori.

Jeruk adalah salah satu citarasa yang paling dikenal dan dicintai, Mereka bisa digunakan untuk hidangan manis atau gurih.

Mengonsumsi berbagai jenis jeruk dianjurkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan paling banyak dari makanan ini.

Berikut adalah beberapa contoh buah jeruk yang bisa bermanfaat saat menurunkan berat badan atau waktu lainnya, selain jeruk merah (blood orange) yang masih jarang bisa dibeli di swalayan di Indonesia.

  • Jeruk limau Hijau (Green Lime)

Jeruk Green Lime atau Limau Hijau memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme.

jeruk Green Lime a.k.a Jeruk Limau Hijau

Minum air jeruk Green Lime atau jeruk limau hijau bisa sebagai salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, minum air lemon saja tanpa diet seimbang dan asupan makanan dengan gizi yang seimbang, tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Intinya jangan cuma minum air limau saja, makanlah dengan menu gizi harian yang cukup dan seimbang, disambut dengan olahraga teratur dan kurangi asupan gorengan, kurangi makanan manis dan jauhi minuman tinggi kalori seperti soda manis kemasan botol/kalengan.

Diet yang seimbang, dengan porsi dan takaran yang seimbang pula, dengan disertai dengan olah raga yang cukup dan teratur dapat membantu menurunkan berat badan

Minum air lemon, atau air saja, dapat membantu Anda tetap terhidrasi yang direkomendasikan untuk kesehatan secara keseluruhan.

Mengonsumsi air lemon, dan bukan minuman berkalori yang  tinggi juga dapat membantu mengurangi kalori kosong dari makanan Anda yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan.

Menambahkan potongan jeruk green lime ke dalam air (infused water) juga  dapat meningkatkan palatabilitas dan menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi.

Jeruk Green Lime

Ini juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari green lime ke dalam asupan makanan  Anda.

Namun, jangan terkecoh bahwa meminum air lemon secara drastis akan meningkatkan metabolisme Anda.

Sifat air lemon adalah menghidrasi, bukan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain memasukkan lemon atau jeruk nipis ke dalam air Anda, Anda bisa memasukkannya ke dalam menu makanan seperti masakan tumis, hidangan daging, salad dressing, sayuran panggang, sup, dll.

Satu hal yang perlu diingat jika Anda memiliki masalah dengan kadar asam lambung, maka jangan terlalu banyak dan sering minum air perasan lemon.

Satu buah jeruk sedang memberikan kurang dari 100 kalori, 3 gram serat dan sekitar 130% vitamin C (DV).

Sementara semua buah jeruk adalah sumber vitamin C yang baik, jeruk sering dikaitkan paling kaya dengan sumber antioksidan ini.

Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, dapat membantu melindungi dari kerusakan kulit dan dapat membantu menurunkan risiko keriput.

Untuk manfaat kesehatan terbaik, makan jeruk utuh lebih baik dari pada minum jus jeruk.

Jus jeruk tidak menyediakan serat seperti jeruk, dan ini bisa mempengaruhi cara tubuh menggunakan karbohidrat dari buah.

Sebuah studi kesehatan menyimpulkan bahwa konsumsi buah yang lebih sering, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, namun mengkonsumsi jus buah apalagi jus buah kemasan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Maka intinya adalah diet seimbang, dan selalu tetap terhidrasi dengan baik, dengan bantuan air rendaman jeruk, atau makan buah jeruk di sela jam makan, kurangi lemak, karbohidrat, perbanyak vitamin, jika beruntung mendapatkan 2 (dua) buah jeruk Blood Orange setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan, disamping diet seimbang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *