oleh

Mantan Geuchik di Bireuen Terancam 20 Tahun Penjara

-Aceh-1.532 views

PENANEGERI, Bireuen – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen resmi menahan J bin AS (29), mantan Geuchik Ruseb Ara, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen setelah terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana desa tahun 2018.

J bin AS tersandung Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

“Tersangka J ini ancaman maksimal 20 tahun penjara, setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) Tahun 2018 yang mencapai Rp 296 juta,,” beber Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen, Muhammad Junaedi SH, MH, Selasa (7/4).

Dijelaskannya, J sekarang resmi ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bireuen sejak, Senin (6/4) sore setelah sebelumnya sempat dilakukan pemeriksaan terakhir selama lima jam.

Dalam pemeriksaan itu, sambung Kajari Bireuen, penggunaan anggaran DD dan ADG di Desa Ruseb Ara, Jangka Tahun 2018 tidak sesuai, bahkan pencairan dana juga tidak sesuai prosedur dan tidak ada pertanggungjawabannya.

“Setelah ditetapkan sebagai tersangka, mantan keuchik ini langsung dilakukan penahanan dan dititipkan di Lapas Bireuen kemarin,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *