oleh

Mapolres Dharmasraya – Sumatera Barat Ludes Dibakar Dua orang Tidak Dikenal (OTK)

PENANEGERI, Sumatera Barat – Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Dharmasraya, Sumatera Barat, hangus ludes setelah dibakar dua orang tidak dikenal (OTK) pada hari Minggu dinihari, sekitar pukul 02.45 WIB.

Peristiwa pembakaran di Mako Polres Dharmasraya Polda Sumatera Barat ini mengakibatkan seluruh bangunan utama Polres Dharmasraya hangus terbakar.

Kapolres Dharmasraya Ajun Komisaris Besar Polisi Rudy Yulianto menyatakan kedua pelaku tersebut ditembak petugas setelah berupaya melakukan penyerangan terhadap polisi. Keduanya pun tewas ditembus timah panas.

“Kedua pelaku saat melakukan penyerangan menggunakan perlengkapan yang membahayakan, seperti anak panah, sangkur, dan busur,” kata AKBP Rudy, Minggu (12/11).

Polisi belum mengungkap identitas kedua orang tersebut. AKBP Rudy juga menyatakan belum mengetahui motif pelaku melakukan pembakaran.

Api diduga berasal dari Ruangan Belakang antara Ruang Siwas dengan Ruang Sitipol Polres Dharmasraya Polda Sumbar. Saat peristiwa itu pertama kali diketahui oleh personil piket SPK yang melihat gumpalan asap yang tebal dan langsung mencoba untuk memadamkan Api Sambil berteriak mencari Pertolongan.

Sekira pukul 03.00 wib, 2 (dua) unit Mobil Pemadam Kebakaran tiba di Mako Polres Dharmasraya untuk memadamkan Api yang masih berkobar di Gedung Polres Dharmasraya, kemudian salah satu Petugas Pemadam Kebakaran melihat dua orang dengan Pakaian Hitam sambil memegang Busur Panah.

Selanjutnya personil Polres Dharmasraya langsung mengepung 2 (dua) orang yang dicurigai tersebut.

Namun orang tersebut melakukan perlawanan dengan melepaskan beberapa Busur Panah ke arah petugas sehingga personil Polres Dharmasraya melakukan tindakan tegas dengan menembakkan Peluru ke udara, akan tetapi kedua orang tersebut tetap melakukan perlawanan sehingga dilakukan penembakan kearah kedua pelaku tersebut sehingga mengakibatkan kedua orang tersebut meninggal dunia.

Adapun Barang Bukti yang berhasil diamankan adalah:

1 (satu) Busur Panah, 8 (delapan) Buah Anak Panah, 2 (dua) buah Sangkur, 1 (satu) Bilah Pisau Kecil, 1 (satu) buah sarung tangan warna hitam dan yang menarik perhatian adalah ditemukan pula selembar kertas yang bertuliskan : “Pesan Jihad dari Saudara Kalian ABU ‘AZzam Al Khorbily 21 Safar 1439 H di Bumi Allah”

Atas kejadian ini hampir seluruh Mako Polres terbakar hangus, termasuk rumah Jabatan/Rumah dinas Kapolres, dan ikut terbakar pula mobil dinas Kapolres.

Sumatera Barat
Terlihat pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya terkapar meregang nyawa usai lakukan pembakaran, Minggu (12/11)

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda) Irjen Pol Fakhrizal mengatakan aksi pelaku tersebut menyebabkan seluruh bangunan utama Polres Dharmasraya terbakar. Api diduga berasal dari ruangan belakan antara ruang Siwas dengan Sitipol Polres.

Polisi yang memergoki pelaku kemudian menembakkan peluru ke udara. Tapi kedua pelaku tetap melakukan perlawanan sehingga dilakukan polisi melakukan penembakan kearah pelaku, sehingga mengakibatkan pelaku meninggal dunia.

“Barang bukti yang kami amankan, satu busur panah, delapan anak panah, dua sangkur, satu pisau kecil, satu sarung tangan dan satu lembar kertas yang berisikan pesan jihad,” ujarnya.

Irjen Pol Fakhrizal mengatakan pihaknya sedang mendalami motif penyerangan ini. Polisi sedang melacak identitas kedua pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya

Maka pada hari Minggu siang (12/11) Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal langsung meluncur ke Dharmasraya untuk melihat dari dekat Markas Kepolisian Resor Dharmasraya diduga dibakar oleh teroris, Minggu (12/11).

“Saya ingin melihat segera keadaan di Dharmasraya,” kata Fakhrizal dalam jumpa pers usai pisah sambut Danrem 032/WBR hari Mingu siang (12/11) di Makorem. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar