oleh

Masjid Kebanggaan Warga di Kampung Halaman Pahlawan Nasional

-Aceh-307 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Masjid Pirak, adalah salah satu masjid kebanggaan warga Gampong Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara. Lokasi masjid yang satu ini terletak di kampung halaman Pahlawan Nasional Cut Nyak Meutia.

Tokoh pemuda Gampong Masjid Pirak, Zulmalik menceritakan, bahwa masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggaan warga di sana. Namun kondisinya saat ini sudah tampak tua karena termakan usia.

“Sekarang sudah ada dibangun masjid baru di samping masjid ini. Saya mendukung pembangunan masjid baru yang nantinya akan bisa menampung ratusan jamaah,” tuturnya saat berbincang dengan Penanegeri.com, Rabu (29/5).

Masjid ini terletak persis di pinggir sawah. Pemandangan alam yang indah, memancarkan sinar kubah masjid yang berbentuk Pirak. Warga di sana menginginkan masjid ini tetap menjadi salah satu masjid bersejarah, karena merupakan tempat tinggal pahlawan Nasional Cut Nyak Meutia.

“Di kampung ini merupakan kediaman pahlawan Nasional Cut Nyak Meutia. Rumah adat Cut Nyak Meutia juga berada di desa ini. Di sini banyak situs sejarah yang barangkali perlu mendapat perawatan dari pemerintah daerah. Kita menginginkan sejarah itu tidak akan hilang walau sekecil apapun,” sebut Zulmalik.

Baca Juga  Telat Hadir, Tiga Anggota DPRK Aceh Tamiang Dilarang Masuk

Ia berharap, pembangunan masjid baru nantinya dapat menyerupai masjid lama. Meskipun bentuk dan ukuran berbeda, setidaknya kubah masjid tetap dibangun sama persis seperti masjid lama.

“Kubah berbentuk pirak itu jangan hilang. Karena, itulah yang akan menjadi sejarah nantinya bagi anak cucu kita. Di samping itu, saya selaku pemuda berharap pemerintah mempedulikan beberapa situs sejarah yang ada di desa ini. Rakyat yang hebat adalah rakyat yang benar-benar peduli sejarah,” pungkas Zulmanik.

Komentar

Berita Terbaru