oleh

Batal Demo Hotel Alexis

PENANEGERI, Jakarta – Forum masyarakat Jakarta Utara (Forummaju) batal melakukan aksi demonstrasi menuntut penutupan lantai 7 Hotel Alexis di Jakarta Utara, pada Kamis (19/10).

Massa yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Forum Masyarakat Jakarta Utara itu tadinya hendak melakukan unjuk rasa di depan Hotel Alexis yang berlokasi di Jl RE Martadinata 1, Ancol, Jakarta Utara, pada kamis (19/10).

Namun rencana itu dibatalkan. Alasannya keamanan. “Iya kami tunda, alasannya khawatir keamanan. Kami juga sudah koordinasi dengan kepolisian,” kata Ketua Formaju, Moh Yusuf, saat dikonfirmasi, Kamis (19/10).

Aksi massa ini sedianya hendak menuntut janji Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, semasa kampanye untuk menutup Lantai 7 Hotel Alexis yang diduga menjadi sarang maksiat.

Yusuf mendapat informasi, ada massa tandingan yang juga akan berunjuk rasa di lokasi. “Kami mendapatkan ancaman dari massa yang dikoordinir oleh Abdurahman Dony Adji, itu massa yang dari sebelah, yang tolak aksi kita. Saya dapat pesan berantai berisi ajakan untuk melakukan aksi tandingan membubarkan rencana kita,” jelasnya.

Baca Juga  Satpol PP Wanita Pastikan Penutupan Hotel Alexis

“Kita sudah kirim surat pemberitahuan untuk mengelar unjuk rasa ke Polda Metro Jaya,” kata Ketua Forummaju Moh. Yusuf kepada wartawan di Polda Metro, Selasa, (17/10).

Yusuf menyampaikan estimasi massa yang akan turut mengikuti demonstasi itu berjumlah seribu orang. Ribuan pendemo itu merupakan gabungan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat.

Dia menilai aksi tandingan itu sudah bentuk ancaman terhadap hak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi di depan umum. “Kami hanya menuntut janji Anies-Sandiaga untuk menutup kegiatan prostitusi di lantai 7 hotel Alexis. Lokalisasi seperti Kalijodo aja bisa dibubarkan. Kami hanya minta kegiatan di lantai 7 ditutup, hotelnya mah nggak apa-apa jalan aja,” kata Yusuf.

“Masak ini enggak bisa ditutup yang lantai tujuhnya. Lantai tujuh saja, sisanya mah hotel jalan terus,” katanya lagi.

Namun aksi demo terpaksa dibatalkan karena situasi keamanan yang tidak kondusif.

“(Demo) ditunda karena ada orang sana yang ancam kita,” kata Moh Yusuf.

“Walaupun kita sudah banyak juga. Tapi kalau di sana ribut, nanti ada korban jiwa. Makanya kita tunda,” ujarnya. (*)

Komentar

Berita Terbaru