oleh

Menakar Calon Juara Piala Dunia 2018, Prancis VS Kroasia

-Sepakbola-234 views

PENANEGERI, Sepakbola – Setelah mengalahkan Inggris di semifinal, Kroasia berada di final Piala Dunia untuk pertama kalinya dan akan menghadapi juara Prancis di Luzhniki Stadium.

Ini adalah final pertama Kroasia, sedangkan Prancis adalah finalis Euro 2016 dan telah dua kali menjadi finalis Piala Dunia sebelumnya.

Prancis

Prancis kini tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir dimana mereka telah memenangkan 8 diantaranya.

Mereka terakhir kalah melawan Kolombia dalam pertandingan persahabatan, namun kemudian mengalahkan Rusia dengan skor 3-1 dalam pertandingan berikutnya, dan kemudian mempersiapkan Piala Dunia dengan kemenangan melawan Republik Irlandia (2-0) dan Italia (3-1) sebelum gol Kylian Mbappe memastikan hasil imbang melawan Amerika Serikat.

Di Rusia, mereka telah memenangi 5 dari 6 pertandingan untuk mencapai final tanpa perlu tambahan waktu di setiap pertandingan fase gugur.

Untuk pertandingan akhir pekan ini di final Piala Dunia, Prancis akan memiliki kekuatan penuh dan kemungkinan tidak berubah setelah Blaise Matuidi kembali dari skorsing untuk menggantikan Corentin Tolisso dalam kemenangan semifinal melawan Belgia.

Baca Juga  Preview Tempat ke-3, Piala Dunia 2018

Olivier Giroud yang belum mencetak gol di turnamen ini tidak menjadi kekhawatiran Didier Deschamps, yang kemungkinan akan tetap setia pada striker Chelsea itu ketimbang mengganti formasi untuk mengakomodasi Ousmane Dembele atau Thomas Lemar.

Line-up (4-2-3-1): Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Paul Pogba, N’golo Kante, Blaise Matuidi, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Olivier Giroud.

Kroasia

Kekalahan terakhir Kroasia adalah pertandingan persahabatan melawan Brasil di Anfield menjelang Piala Dunia. Setelah bangkit dari pertandingan itu dengan kemenangan 2-1 melawan Senegal, mereka memenangkan tiga pertandingan grup Piala Dunia, sebelum dua adu penalti dan kemenangan pada tambahan waktu melawan Inggris.

Untuk pertandingan di final ini, Sime Vrsaljko dan Danijel Subasic lulus tes kebugaran sementara Dejan Lovren juga bisa bermain meski sempat absen dalam pelatihan.

Dengan kekhawatiran cedera pertahanan yang mereda, satu-satunya keraguan sekarang adalah Mario Mandzukic yang tampak cedera sebelum ia mencetak gol kemenangan melawan Inggris.

Tetapi dia pasti tidak ingin melewatkan kesempatan bermain di final, dan jika memang terpaksa absen, maka Andrej Kramaric bisa menggantikan perannya.

Baca Juga  Ini Pemain yang Berpeluang Raih "Sepatu Emas" di Piala Dunia 2018

Line-up (4-1-4-1): Danijel Subasic, Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Mario Mandzukic.

Head to Head

Prancis tidak pernah kalah dari Kroasia setelah lima kali berhadapan sejak pecahnya Yugoslavia. Pertemuan pertama mereka adalah di semifinal Piala Dunia 1998, ketika Prancis menang 2-1 meski Laurent Blanc secara kontroversial dikartu merah. Prancis kemudian memenangkan pertandingan persahabatan pada tahun 1999 (3-0) dan 2000 (2-0).

Pada Euro 2004, Kroasia akhirnya menghindari kekalahan melawan Prancis (imbang 2-2) sementara kedua tim bertemu terakhir kali dalam pertandingan persahabatan di Paris pada 2011. Hasil imbang 0-0 menampilkan para pemain termasuk Hugo Lloris, Blaise Matuidi, Dejan Lovren, Luka Modric dan Ivan Perisic yang menjadi bagian di final tahun ini.

Komentar

Berita Terbaru