oleh

Mengapa Penegakan HAM Itu Penting Dilakukan Di Indonesia ?

-Sosial & Budaya-15.965 views

PENANEGERI, Sosial – Hak Asasi Manusia yang sering disingkat HAM adalah hak-hak yang telah dimiliki seseorang sejak ia berada di kandungan dan berlaku universal.

Hak-hak tersebut meliputi antara lain:hak untuk hidup, hak untuk mengembangkan diri, hak berkeluarga, hak keadilan, hak berkomunikasi. Selain itu juga hak kemerdekaan, hak keamanan, dan hak kesejahteraan adalah hak yang tidak boleh diabaikan ataupun dirampas oleh siapapun.

Pertanyaannya adalah mengapa penegakan HAM itu penting dilakukan di Indonesia ?

Di negara Indonesia upaya penegakan HAM dilakukan suatu lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah yaitu KOMNAS HAM.

Lembaga ini terbentuk pada tahun 1993. Pembentukan Komnas HAM pasti mendapat tanggapan positif dari berbagai elemen kalangan masyarakat di Indonesia. Ini mengingat banyaknya bentuk pelanggaran HAM yang sudah terjadi selama ini.

Alasan Mengapa Penegakan Ham Itu Penting Dilakukan Di Indonesia

Hal ini dikarenakan, banyak sekali orang yang tak mau lagi menghargai Hak Manusia yang lain. Selain itu juga semakin maraknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di mana-mana.

Sehingga, Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia karena dengan ditegakannya HAM, maka ini merupakan bentuk dari tindakan preventif terhadap banyaknya penyimpangan segala bentuk norma yang berlaku di dalam masyarakat seperti norma agama norma hukum, norma moral, dan norma sosial. Juga dengan banyak penyimpangan ataupun pelanggaran HAM yang lain.

Jika HAM telah ditegakkan dengan benar, maka cita-cita untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang lebih damai, tenteram, adil dan sejahtera bisa secepatnya tercapai dan terlaksana.

Pentingnya Penegakan HAM di Indonesia

Yang perlu anda ketahui bahwa penegakan HAM itu sendiri didalamnya terkandung makna melakukan penghukuman kepada para pelaku pelanggaran HAM sesuai aturan undang-undang yang berlaku.

Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapat sorotan masyarakat internasional berkaitan dengan upaya penegakan HAM.

Ini sangat beralasan jika mengingat beberapa kasus pelanggaran HAM di negara Indonesia cukup menyita perhatian internasional.

Tentunya, masih segar dalam ingatan tentang beberapa kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia, mulai dari yang ringan hingga berat.

Misalnya saja, tragedi Tanjung Priok, pelanggaran HAM di Timor-Timur, dan kasus Mei 1998. Hingga kini pemerintah terus berupaya untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut lewat proses peradilan dan penyelidikan untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia juga berkomitmen terhadap segala usaha penegakan HAM.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga sedang mencari cara terbaik untuk mengungkap kasus-kasus pelanggaran HAM lainnya.

Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang rawan terjadi tindakan pelanggaran HAM. Hal itu disebabkan oleh kehidupan Indonesia yang memiliki banyak perbedaan suku, daerah, agama, dan kepentingan.

Perbedaan tersebut rawan menimbulkan terjadinya konflik yang berujung pada tindakan pelanggaran HAM. Sehingga pemerintah selalu berupaya meminimalkan terjadinya pelanggaran tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *