oleh

Mengemis di Bireuen, Satu Keluarga Diamankan Petugas Dinsos

PENANEGERI, Bireuen – Satu keluarga dari Baktiya, Aceh Utara diamankan petugas Dinas Sosial Bireuen dalam razia gelandangan dan pengemis (Gepeng), di seputaran Simpang Empat, Kota Juang, Bireuen, Jumat (16/11) sore.

Usai didata dan diberi pengarahan, ketiga warga Aceh Utara tersebut kini telah dikembalikan ke daerah asalnya.

Kadis Sosial Bireuen, Drs Murdani melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Halidar S.Sos, M.Si kepada Penanegeri.com, Jumat (16/11) mengatakan, penertiban pengemis yang kita lakukan ini sebagian bentuk komitmen pemberatasan gepeng di Bireuen.

“Ini kita lakukan demi menjaga ketertiban dan kenyamanan bagi pengguna jalan, khususnya di kawasan Simpang Empat,  Bireuen,” tuturnya.

Disamping kenyamanan bagi pengguna jalan, penertiban yang rutin ini dilakukan juga demi menjaga keselamatan bagi dirinya, sebab mereka rata-rata mengemis di atas badan jalan nasional yang sangat berbahaya.

“Ketiga warga yang kita amankan ini merupakan satu keluarga, mulai suami istri, termasuk anaknya,” sebut Halidar.

Mereka merupakan warga Baktiya, Aceh Utara yakni, Rad (46) dan Maw (23) suami kedua Rad, serta Add (8) anak Rad dari suami pertamanya.

Menurut pengakuan Rad, Maw awalnya bekerja sebagai juru parkir di Kota Langsa, dan Ia mengenal hingga berumahtangga dengan Maw saat mengemis di Kota Langsa. Sedangkan Add merupakan anaknya dari ayah pertama sebelum kawin dengan Maw.

“Setelah kita nasehati, ketiganya kita kembalikan dengan catatan, mereka tidak mengulangi dan mengemis di seputaran Kota Bireuen,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru