oleh

Menteri Desa Kagumi Usaha Kreatif Warga Meunasah Nibong Peusangan Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar MPd mengagumi usaha ekonomi kreatif warga Desa Meunasah Nibon, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Sabtu (14/3) sore.

Sebelum ke Bireuen, awalnya Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah.

Tiba di Bireuen usai shalat dhuhur, rombongan menteri disambut Plt Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi serta unsur Forkompimda, dilanjutkan dengan kegiatan tupung tawari (Peusijuk) di Pendopo Bupati Bireuen.

Selanjutnya Menteri dan rombongan ikut melakukan pertemuan dengan para imum mukim, para geuchik, sekretaris gampong serta tuha peut, unsur Forkompimda di Gedung Ampon Chik Peusangan.

Pada agenda ini, Menteri membahas berbagai regulasi pengelolaan dana bantuan desa, percepatan penyaluran dana desa mekanisme penggunaan dana desa untuk pembangunan.

Sementara di Desa Meunasah Nibong, Kecamatan Peusangan langsung berkunjung  ke lokasi industri rumah tangga, pengembangan usaha ekonomi kreatif, yakni pembuatan perangkap babi dari kawat ban bekas.

“Luar biasa, ini merupakan salah satu inovasi desa yang sangat berguna secara ekonomi bagi masyarakat, dan mampu menampung tenaga kerja lokal,” katanya.

Abdul Halim Iskandar juga sempat berdialog dengan sejumlah pekerja pembuatan perangkap babi dari kawat ban bekas, yang rata-rata dari kalangan perempuan di desa tersebut.

Belakangan warga di Desa Meunasah Nibong, Peusangan ikut membuka usaha  industri dengan memproduksi Pas bunga, tempat sampah, sandal jepit, kursi santai yang diproduksi dari ban bekas.

Masih di Desa Meunasah Nibong, Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar juga ikut berdilaog dengan perangkat desa serta warga setempat tentang pengembangan usaha tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *