oleh

Meriahnya Festival Aster Kebangsaan, Merajut Kebersamaan Sesama Anak Bangsa

PENANEGERI, Sorong – Pada hari Sabtu 21 September 2019 pukul 08.30 hingga pukul 12.30 WIT di Lapangan Hoky, Jln Yos Sudarso Kelurahan Kampung Baru Distrik Sorong Kota, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, berlangsung Kegiatan Festival Aster Kebangsaan, bertema ‘Merajut Kebersamaan Masyarakat Pemda dan TNI – POLRI Dalam menjaga keutuhan NKRI’ yang dipimpin oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dan diikuti sekitar 2000 orang.

Dalam acara ini hadir juga Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak, kemudian juga dihadiri oleh Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto (KS. Armada III),
Brigjend TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani (Danlantamal XIV Sorong), Drs Ec Lambert Jitmau, MM (Walikota Sorong), Kolonel Mar Soeharijadi (Wadan Pasmar 3), Kombes Pol Roy H. M. Sihombing, S.IK (Dir Pol Airud Polda PB), Kolonel Inf Luhut Bernadus Sidabariba ,S.IP (Kasiter Korem 181/Pvt), Letkol Inf Budiman, SE, M. I.Pol. (Dandim 1802/Sorong ), Letkol Inf Doddy Yudha.S.IP, M.Tr(Han) Danyon 752/VYS, AKBP Mario crhristy P. S Sirigar S.I.K , MH ( Kapolresta Sorong ), AKBP Ari Nyoto Setiawan (Dansat Brimob Den B pelopor), AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna,S.I.K ( Kapolres Kab Sorong).

Pada pukul 08.41 WIT dilaksanakan Pembacaan Ikrar Kebangsaan yang isinya sebagai berikut ;

Kami yang hadir disini secara bersamasama menyatakan :

a. Mengakui bahwa Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai Dasar Negara.

b. Menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa.

c. Saling menerima keanekaragaman dan perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa;

d. Menjunjung tinggi persamaan martabat diantara sesama.

e. Kami “siap merajut kasih” dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Gubernur Papua Barat, menyatakan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang hebat, karena memiliki suku bangsa yang beragam, dan juga karena memiliki kekayaan budaya yang bernilai tinggi sehingga budaya tersebut harus selalu kita lestarikan.

“Sangat senang melihat masyarakat khususnya anak-anak muda yang ada di Kota Sorong yang begitu bersemangat dengan penuh warna-warni hadir mengikuti Festival Aster Kebangsaan ini, hal ini menandakan bahwa kebhinekaan adalah pemersatu kita semua,” papar Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan berharap bahwa kita semua saling memiliki kesadaran berbangsa dan bertanah air menuju masa depan yang lebih baik, melalui ajang lomba ini berarti turut pula melestarikan budaya lokal sehingga karakter suku bangsa selalu terjaga.

“Mari berlomba junjung sportivitas, tumbuhkan semangat dan dengan menari bersama-sama akan menumbuhkan aura positif yang bermuara pada pribadi-pribadi kita semua dalam menjunjung dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya kita,” terang Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan.

Gubernur Mandacan juga berpesan bahwa kita semua harus selalu bergandeng tangan, saling teposeliro dan selalu hidup rukun dan damai dilingkungan masing-masing sehingga meskipun berbeda-beda namun tetap satu didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara festival Aster ini juga dilangsungkan  Perlombaan Tarian Tradisional.

Saat Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba pemenang Flobamora dengan pemenang adalah :

a. Juara 1 dari Brimob Yon B pelopor Sorong.
b. Juara 2 dari Brimob Nusantara Gorontalo
c. Juara 3 Pasmar 3
d. Juara 4 kodim1802/Sorong.

Kemudian Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba Aster dari jumlah peserta sebanyak 41 kelurahan se-Kota Sorong dengan pemenangnya adalah :

a Juara 1 Kelurahan Klasur.
b. Juara 2 Kelurahan Klamana.
c. Juara 3 dari kelurahan Puncak Cendrawasih
d. Juara 4 kelurahan Soff


Kegiatan Festival Aster Kebangsaan dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan di antara sesama anak bangsa dengan tidak membeda-bedakan agama, suku dan ras serta selalu hidup rukun dan damai di lingkungan masing-masing di dalam bingkai NKRI.

Kegiatan Festival Aster Kebangsaan diselenggarakan oleh Pemda, TNI dan Polri dalam rangka menjaga Ketuhan NKRI.

Kegiatan ini pun mendapat sambutan positif oleh segenap masyarakat Kota dan Kabupaten Sorong.

(Berita dan foto oleh : Wawan, kontributor redaksi PenaNegeri di Sorong, Papua )

Komentar

Berita Terbaru