oleh

Metode Sehat Cara Menghilangkan Sesak Nafas

-Kesehatan-482 views

PENANEGERI, Kesehatan – Kita tahu sesak nafas itu sangat tidak nyaman. Sesak nafas yang dalam bahasa medis disebut dengan dispnea, tentu sangat mengganggu aktivitas. Merupakan sebuah keadaan dimana respiratory rate (RR) ataupun pola nafas seseorang yang lebih dari normal. Antara 16 sampai 20 kali per menit.

Cara menghilangkan sesak nafas ada berbagai langkah mulai dari yang tak memakai obat hingga menggunakan obat.

Dalam mengatasi sesak nafas, lebih dahulu anda harus tahu apa penyebab dari sesak nafas jadi penanganan yang diberikan tepat. Itu karena beda penyebab pasti beda juga penanganan.

Disamping itu sesak nafas juga dapat terjadi karena berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang mencegah sesak nafas dan cara mengatasi sesak nafas karena batuk ataupun akibat masalah kesehatan yang lain yang terkait dengan paru-paru juga jantung.

Cara Menghilangkan Sesak Nafas Secara Efektif

Jika terjadi sesak nafas maka harus segera diatasi, karena bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kejang ataupun bahkan gagal nafas yang dapat berakibat kematian. Hal pertama yang dapat dilakukan di rumah jika ada keluarga kita yang mengalami sesak nafas diantaranya:

Posisi setengah duduk

Cara mengatasi sesak nafas yang praktis yaitu dengan memberi posisi setengah duduk. Sehingga saat Anda atau seseorang sedang mengalami sesak nafas baik itu pada posisi tidur atau berdiri, aturlah posisi tubuhnya menjadi posisi setengah duduk.

Kemudian posisikan duduknya dengan sudut kurang lebih 45 derajat hingga 90 derajat. Kenapa harus demikian? Hal ini dikarenakan dengan posisi setengah duduk dapat membuat paru-paru akan lebih mudah mengembang. Sehingga oksigen yang masuk ke dalam paru-paru pun dapat lebih optimal.

Berikan lingkungan yang tenang dan nyaman

Bila ada diantara anggota keluarga kita yang mengalami sesak nafas maka berikan lingkungan yang tenang. Juga jangan sampai dikerumuni banyak orang.

Semakin banyak orang yang mengerumuni maka udara akan jadi pengap sementara oksigen menjadi sedikit jadi akan memeperburuk kondisi sesak nafas.

Hindari alergen

Terjadinya sesak nafas yang disebabkan asma biasanya terjadi karena ada suatu alergi seperti terhadap udara dingin ataupun debu. Agar mengurangi sesak nafas yang dikarenakan asma anda harus menghindari alergen.

Bila sesak nafas sudah terlanjur terjadi anda bisa memberi obat bronchodilator supaya jalan nafas kembali normal. Obat tersebut dapat anda perolehdengan mudah di apotik, namun untuk lebih jelas dan aman maka konsultasikan dulu dengan dokter.

Pertolongan tenaga medis

Setelah semua dilakukan tapi bila sesak nafas tak dapat segera teratasi. Maka segera bawa ke tenaga medis untuk memperoleh pertolongan lebih lanjut.

Adapun pertolongan yang diberikan tenaga medis dapat berupa pemberian oksigen, ataupun nebulizer.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *