oleh

Mimpi Tayyip Erdogan Buat Mobil Nasional Terwujud!

PENANEGERI, Otomotif  РPresiden Turki Tayyip Erdogan akhirnya punya mobil listrik nasional. Mimpi Erdogan agar Turki punya mobil nasional sendiri terwujud. Turki berencana untuk memproduksi lebih dari 175 ribu kendaraan setiap tahun di bawah proyek mobil listrik domestiknya.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (29/12/2019) proyek dengan nilai investasi sebesar USD 3,7 miliar dengan masa 13 tahun ini diresmikan oleh Erdogan pada hari Jumat (27/12/2019).

Foto: Kantor Istana Presiden Turki via Reuters

Proyek mobil nasional ini sebenarnya telah menjadi mimpi Erdogan untuk membuktikan kekuatan ekonomi pasarnya.

Sebelum seremonial tersebut, konsorsium yang memproduksi purwarupa menampilkan mobil tersebut melaju di jalan raya dan menyeberangi jembatan.

“Kita berkumpul di sini untuk menyaksikan mimpi 60 tahun kita menjadi kenyataan,” ujar Erdogan mengacu pada rencana di masa lalu untuk memproduksi mobil nasional Turki.

“Saat kita melihat mobil ini di jalanan seluruh dunia, kita sudah mencapai tujuan kita,” ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, mobil merah SUV muncul dan diikuti oleh sedan berwarna abu-abu. Ada merek TOGG yang merupakan konsorsium pembuat mobil.

Erdogan pertama kali menunjukkan niatnya untuk membuat mobil asli dari Turki ini pada November 2017 lalu. Konsorsium mobil domestik ini disebut dengan Turkey’s Automobil Initiative Group (TOGG) yang didirikan pada pertengahan tahun 2018. Proyek ini disokong oleh Anadolu Group, BMC, Kok Group, Turkcell dan Zorlu Holding.

CEO TOGG adalah mantan eksekutif Bosch, Gurcan Karakas dan chief operating officer-nya adalah mantan CEO General Motors Korea, Sergio Rocha. Mobil nasional Turki dikatakan akan memulai produksi pada 2022 dengan kendaraan sport di segmen mobil kompak. (*/dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *