oleh

Minta Warek III Dicopot, Ini Tanggapan Rektor Unsam Langsa

-Aceh-305 views

PENANEGERI, Langsa – Rektor Unsam Langsa, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd, memberikan tanggapannya yang dibuat secara tertulis dan dibacakan langsung dihadapan mahasiswa, terkait aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa Unsam Langsa, pada Senin (20/8) lalu di halaman kampus setempat, yang meminta agar Rektor mencopot Wakil Rektor III, Bukhari dari jabatannya dan beberapa tuntutan lainnya.

“Agar mahasiswa memberikan kesempatan kepada saya untuk membina Warek dimaksud guna perbaikan manajemen dalam mengatur kemahasiswaan, mempercepat segala urusan kemahasiswaan dan menjalin kerjasama yang baik dengan mahasiswa dan seluruh organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan Unsam dan apabila tidak berubah maka saya sendiri yang bertindak,” ungkapnya, Senin (27/8).

Kemudian, terkait laporan KKN periode Agustus 2018 disusun sesuai dengan surat Kepala Biro Akademik No. 3225/UNS4/KR/2018 tanggal 20 Agustus 2018, yang ditujukan kepada para Dekan dengan tembusan pada para Koordinator Prodi, Presiden Mahasiswa dan Para Ketua BEM Universitas Samudra, bahwa format laporan KKN sesuai dengan buku panduan KKN periode Agustus 2018 yang telah dibagikan pada saat Coaching.

Baca Juga  Panwaslu Langsa Dampingi Pantarlih Lakukan Coklit

“Semua Laporan yang telah dicetak dan disetujui dapat segera dikumpulkan. Untuk mempercepat segala pembangunan Infrastruktur fassilitas Universitas Samudra, pihaknya telah menyusun masterplan pembangunan fisik dan sarana pendukung pada tahun 2016,” lanjutnya.

Pada tahun 2017, sambung rektor, tim perencanaan Unsam telah menyusun prioritas pembangunan insfrastruktur dan telah mengusulkan ke Kementerian Keuangan dan Kementerian Ristekdikti, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (untuk Rusunawa) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (untuk stadion mini dan GOR).

“Dan, sebagai tindak lanjut usulan ke Kementerian Keuangan yakni telah berkunjungnya Sekretariat Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan ke Unsam,” jelasnya.

Sementara itu, untuk Kementerian Ristekdikti telah datang dan meninjau langsung kondisi infrastruktur Unsam serta telah masuk dalam skala prioritas Kemenristekdikti. Sedangkan, untuk Kementrian PUPR dan Kemenpora sudah merespon ususlan Unsam dengan meminta tambahan data pendukung (ketersediaan lahan siap bangun).

Lalu, lanjut Bachtiar, untuk pelaksanaan PK2MB Tahun 2018, baru saja telah kita buka bersama dan kami ucapkan terimakasih kepada PEMA, DPM dan BEM yang telah menunjuk sebanyak 70 orang mahasiswa sebagai panitia PK2MB Unsam Tahun 2018.

Baca Juga  Jelang Hari Kemerdekaan, Warga asal Bandung Berjualan Bendera Merah Putih di Langsa

Borang Akreditasi Perguruan Tinggi, Alhamdulillah telah selesai disusun oleh tim Penyusun dan akan di upload ke BAN-PT pada minggu ini.

Pada tanggapan tertulis yang dibacakannya itu, Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa dan Ormawa yang telah berpartisipasi melalui prestasi yang telah diperoleh yang merupakan bagian penting dalam penilaian Borang.

Sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas. Hasil pengelolaan sumberdaya Alam (kelapa sawit) setiap tahun dilakukan audit oleh Inspektorat Jendral sebagai pihak yang berwewenang. Hasil bersih sumberdaya alam (kelapa sawit) setiap bulan disetor ke Kas Negara sebagai penerimaan Negara bukan pajak.

“Laporan pengelolaan sumber daya alam (kelapa sawit) tersedia di biro umum dan keuangan, sekarang kelapa sawit tidak produktif lagi dan akan ditebang pada saat gedung dibangun,” imbuhnya.

Gedung kemahasiswaan pada saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan akan dapat dimanfaatkan pada Januari 2019. Universitas Samudra terus berupaya meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak lain.

Rektor telah menginstruksikan kepada Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Hukum, Dekan Pertanian, Dekan FKIP dan Dekan Tekhnik untuk menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan perusahaan yang ada di Indonesia dan Dekan dapat berkonsultasi dengan Bagian kerjasama di Biro Rektor.

Baca Juga  HUT RI ke 73, Lapas Kelas II Langsa Berikan Remisi 244 Napi dan Bebaskan 1 Orang

Hadir pada acara tersebut, Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE, para Wakil Rektor Unsam, para Dekan Unsam, Presma Unsman, Syahrul, Dewan Perwakilan Mahasiswa, Ketua BEM Unsam dan mahasiswa.

Komentar

Berita Terbaru