oleh

MU Sempat Ingin Wenger Gantikan Ferguson

PENANEGERI, Sepakbola – Manchester United mengadakan pembicaraan dengan Arsene Wenger terkait penggantian peran Alex Ferguson sebagai manajer pada tahun 2001 silam.

Martin Edwards (mantan pimpinan klub) mengatakan, manajer Arsenal tersebut diidentifikasi sebagai pilihan nomor satu untuk bertugas di Old Trafford menyusul pengumuman mengejutkan Ferguson kepada klub bahwa ia berniat pensiun setelah musim 2000-01.

Edwards yang merupakan ketua klub antara tahun 1980 hingga 2002, mengatakan bahwa diskusi diadakan di rumah Wenger dalam upaya untuk menggoda dia dari rival berat United.

“Saya harus mengatakan bahwa keputusannya mengejutkan dan jelas mengejutkan kami semua. Begitu kami menyadari bahwa dia sangat serius dengan hal itu dan bahwa pemikirannya sudah bulat, banyak diskusi di tingkat dewan tentang kemungkinan penggantian manajer,” kata Edwards dilansir Sky Sport, Sabtu (2/9) saat ditanya tentang rencana awal Ferguson untuk pensiun.

“Pilihan pertama kami adalah Arsene Wenger. Sejak bergabung dengan Arsenal pada tahun 1996, Wenger telah cukup sukses, terutama di musim penuh pertamanya saat memenangkan dua gelar. Dan meskipun benar bahwa dia mengalami masa-masa sulit, waktu itu kita semua mengira dia adalah kandidat terbaik untuk menggantikan Alex. Tentu saja, dia adalah pilihan nomor satu saya,” lanjutnya.

“Wenger memang menunjukkan sedikit ketertarikan, cukup ingin bertemu dengan dua mantan kepala eksekutif United, Peter Kenyon, dan saya di London untuk mendengarkan apa yang harus kami katakan. Sebenarnya, kami mengadakan beberapa pertemuan dengan dia dan untuk sementara waktu kami berpikir dia akan menjadi bagian dari klub ini,” tambah Edwards.

“Tapi saya pikir Wenger memiliki loyalitas terhadap David Dein (mantan wakil ketua Arsenal), dia sangat dekat dengan David, dan itulah alasannya menolak United. Dia merasa telah memulai sesuatu dengan Arsenal dan keterikatannya dengan klub itu terlalu besar, dia tidak ingin melepaskan ikatan itu,” sambungnya.

Ferguson akhirnya membalikkan keputusannya dan kemudian membimbing United untuk mendapat kesuksesan lebih lanjut, termasuk tujuh gelar Liga Primer dan Liga Champions pada tahun 2008, sebelum pensiun di tahun 2013.

Secara total, ia memenangkan 28 trofi utama di United, termasuk 13 gelar liga, 5 Piala FA dan 2 trofi Liga Champions.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *