oleh

Nelayan Mengeluh, Muara Kuala Raja Bireuen Kembali Dangkal

PENANEGERI, Bireuen – Sejak setahun terakhir muara Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen  kembali dangkal, Minggu (25/8).

Akibatnya, nelayan dikawasan itu sangat sulit saat akan melauat dan sebaliknya saat pulang melaut, dan tak sedikit boat nelayan kandas saat berada di kuala saat pulang melaut.

Menurut sejumlah nelayan di Kuala Raja, Bireuen kepada Penanegeri.com mengaku, selama ini muaranya terus dangkal dan perlu dilakukan pengerukan kembali, sehingga memudaha nelayan saat pulang maupun melaut.

“Selama ini, nelayan terpaksa harus menunggu air pasang saat pulang melaut, kalau dipaksakan, maka boat bisa kandas dan terbalik,” ujar seorang nelayan, Zulkifli.

Untuk itu tambahnya, kami sangat berharap agar pemerintah segera mengeruk kuala, sehingga dapat memudahkan nalayan untuk mencari ikan.

Nada yang sama juga diakui sejumlah nelayan lainnya, bahkan mereka merasa kesulitan apabila maura Kuala Raja tidak dilakukan pengerukan.

Bahkan selama ini, bibir muara Kuala Raja sudah ditutupi pasir hempasan ombak, sehingga saat nelayan masuk harus menunggu air pasang.

Baca Juga  Terbakar, Rumah Geuchik Blang Keumahang Aceh Timur Rata dengan Tanah

“Untuk menghindari boat terbalik dan kandas, maka sebagian nelayan terpaksa harus menamban boatnya di laut, lalu nelayan harus berenag ke deratan,” terang nelayan lainnya, Abdullah.

Komentar

Berita Terbaru