oleh

Nicky Hayden Gantikan Nama Penghargaan AMA Horizon Award

PENANEGERI, Moto GP – AMA Horizon Award, yang setiap tahun memeperkenalkan pembalap amatir yang siap bersaing di jajaran profesional, telah berganti nama untuk menghormati pemenang AMA Horizon Award yang perdana pada tahun 1997, Nicky Hayden, yang kemudian memenangkan AMA Supersport Championship di tahun 1999, AMA Superbike Championship 2002 dan Kejuaraan Dunia Moto GP FIM 2006.

Musim ini Nicky berlaga di FIM Superbike World Championship. Sementara saat berlatih sepeda di Italia pada bulan Mei, dia dikejutkan oleh sebuah mobil dan meninggal akibat kecelakaan tersebut pada 22 Mei.

Komite Eksekutif Dewan Direksi AMA dengan lantang memilih untuk mengganti nama AMA Horizon Award dengan sosok Nicky Hayden, sebagai penghormatan atas prestasinya.

“Nicky Hayden melambangkan semangat AMA Horizon Award. Penerima penghargaan pertama, Hayden adalah seorang olahragawan sejati dan perwakilan sebagai bintang bukan hanya pembalap sepeda motor di Amerika, tapi juga semua orang Amerika yang ada di panggung dunia. Pendakiannya ke puncak olahraga ditandai oleh karakter dan kelas terbaik, dan semuanya dimulai pada cara yang sama dimana dia memulai karir sebagai amatir untuk mendapatkan pengalaman dan kebanggaan,” urai Ketua Dewan AMA Maggie McNally-Bradshaw, seperti dikutip dari motorsport.com, Sabtu (1/7).

Nicky Hayden AMA Horizon Awards akan dipresentasikan setiap tahun ke pembalap amatir papan atas di jalur tanah, motorcross dan balap jalanan.

Sementara itu, Keluarga Hayden mengeluarkan pernyataan sehubungan dengan penghargaan tersebut.

“Nicky menyukai dunia balap dan dia bangga dengan bakatnya, termasuk hari-hari awal sebagai pembalap muda dan amatir. Nicky akan merasa terhormat jika mengetahui bahwa prestasinya akan membantu menginspirasi generasi penerus untuk memperjuangkan impian mereka,” ujarnya.

Sebelum Hayden menyadari mimpinya sendiri untuk memenangkan kejuaraan dunia, ada AMA Horizon Award yang diberikan oleh Manager AMA Track Racing Ken Saillant kepada Hayden pada tahun 1997.

“Saya merasa sangat senang untuk menyaksikan pertumbuhan profesional dan pribadi Nicky Hayden dari seorang amatir hingga sukses di AMA Superbike dan kemudian menjadi juara dunia,” kata Saillant.

“Setiap tahun, balapan amatir AMA mengantar kelas baru ke dalam barisan profesional, dan sementara hanya beberapa elit yang bisa menyamai prestasi profesional Nicky, masing-masing memiliki aspirasi kesuksesan kelas dunia yang sama dengan mendorong Nicky ke puncak,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *