oleh

Over Kapasitas, 104 Napi Rutan Bireuen Tidur di Ruang Terbuka

PENANEGERI, Bireuen – Akibat over kapasitas, sedikitnya 104 narapidana, di Rumah Tahan (Rutan) Bireuen terpaksa harus tidur di ruang terbuka.

Sejauh ini jumlah napi dan tahanan atau warga binaan yang berada di Rutan Bireuen terus bertambah, sementara fasilitasnya tidak terdukung.

Kepala Rutan Bireuen, Sofyan SH kepada Penanegeri.com, Rabu (15/5) menjelaskan, jumlah warga binaan Rutan Bireuen sudah mencapai 431 orang, 313 napi dan 118 tahanan.

“Saat ini sebanyak 104 napi terpaksa harus tidur di luar ruangan, baik tidur pelataran musalla, di teras ruang tamu, ruang televisi dan di kursi lapangan voli,” ujar Sofyan.

Sementara 118 tahanan dan ratusan napi lainnya yang memiliki tempat tidur dalam sel atau dalam ruang tahanan, kondisinya juga sangat tidak layak, dan mereka harus tidur berdesak-desakan dalam ruang tahanan yang sempit.

“Tidak sedikit mereka terpaksa harus tidur di bawah kolong tempat tidur, karena memang tidak layak,” katanya.

Selama ini Rutan Bireuen yang dipimpinya sudah sangat over kapasitas, pihaknya terpaksa memindahkan beberapa warga binaan ke Rutan atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) lainnya, sehingga di Rutan Bireuen tidak over kapasitas.

Baca Juga  Tabrak Warga Jangka Bireuen hingga Tewas, Sopir L300 Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Jumlah warga binaan ada 431 orang, mereka rata-rata tersangkut kasus narkotika dan kriminal lainnya,” tutup Sofyan.

Komentar

Berita Terbaru