oleh

Pagelaran Cinta NKRI, Menjaga Persatuan di Kabupaten Sorong

PENANEGERI, Sorong – Pada hari Kamis tanggal 12 September 2019 pukul 09.17 WIT di Alun-Alun Aimas Jalan Sorong – Klamono, Kelurahan Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Propinsi Papua Barat berlangsung Pagelaran Cinta NKRI untuk Menjaga Persatuan dan Kedamaian di Kabupaten Sorong.

Acara Pagelaran Cinta NKRI untuk Menjaga Persatuan dan Kedamaian di Kabupaten Sorong ini diikuti oleh kurang lebih 500 orang.

 

Acara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos.M.Si, kemudian juga dihadiri oleh Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba S.I.P (Kasi Ter korem 181/PVT), Kolonel Mar Rudi Harto Marpaung (Asops Pasmar 3), Letkol Inf Budiman, SE.M.I.Pol.MM (Dandim 1802/Sorong), juga turut hadir dalam acara ini Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna, S.IK , serta dihadiri oleh para tokoh agama, dan para tokoh masyarakat, dan juga tokoh-tokoh pemuda di Sorong.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos.M.Si berpesan agar sama-sama menjaga kerukunan hidup sosial beragama.

“Kepada bapak, ibu saudara-saudara dan mama-mama mari kita sama-sama menjaga kerukunan hidup beragama, perbedaan suku ras dan senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban demi persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Kesatuan Republik Indonesia kita jaga dengan baik,” pesan Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos.M.Si.

Wakil Bupati Sorong berpesan pada segenap warga agar Sorong bisa menjadi ikon perdamaian di Indonesia.

“Mari kita jadikan Kabupaten Sorong menjadi Icon perdamaian Jangan mudah terpancing terhadap berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan Mari kita lebih bijak menggunakan sosial media bijak menyaring dan menyebarkan berita di media sosial Jangan mudah terprovokasi ataupun terpancing untuk melakukan tindakan tindakan anarkisme, hindari ujaran ujaran kebencian”,  pesan Wabup Sorong dengan bijaksana.

Dalam pesannya juga diutarakan agar para mahasiswa Papua yang sedang studi kuliah di berbagai kampus di seantero negeri, agar terus melanjutkan berkuliah di berbagai kampus yang ada, tanpa terpengaruh isu-isu yang tak bertanggungjawab.

 

Dalam acara ini juga dibacakan pernyataan sikap oleh Kornelius Usili selaku Ketua LMA Malamoi Kabupaten Sorong yang isinya adalah :

1. Kami seluruh masyarakat Kabupaten Sorong berkomitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan kerukunan dan kedamaian.
2. Kami seluruh masyarakat Kabupaten Sorong tidak akan terpengaruh dengan isu-isu provokatif yang akan memecah belah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
3. Kami mengutuk dan menolak dengan tegas segala bentuk diskriminasi dan rasisme kepada siapapun dan dimanapun.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan 33 ekor Burung Merpati sebagai lambang simbol Cinta Damai, dan juga dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

(Liputan oleh : Wawan, Kontributor PenaNegeri di Papua)

Komentar

Berita Terbaru