oleh

Pakaian Adat Papua Warnai Pawai Budaya HUT Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Selain pakaian adat Aceh, pawai karnaval budaya HUT ke-20 Kabupaten Bireuen juga menampilkan pakaian adat dari Provinsi Papua, Minggu (13/10).

Karnaval budaya dilepas langsung oleh Bupati Bireuen H Saifannur S. Sos didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRK Bireuen, Sekdakab Bireuen, Unsur Forkopimda.

Disamping dari pelajar, karnaval budaya tersebut juga disemarakkan dengan penampilan tim Barongsai binaan Yayasan HAKKA Aceh, Banda Aceh yang menunjukan atraksi kepada penonton yang memadati sepanjang jalan dalam kota Bireuen.

Selain ditampilkannya pakaian adat, peserta dari siswa SMP dan SMA juga ikut mengenakan pakaian kreasi yang dibuat dari kertas koran, plastik, dan dedaunan hingga busana budaya nusantara.

Panitia pelaksana, Zamzami S.Pd kepada Penanegeri.com mengatakan, karnaval budaya yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian HUT Kabupaten Bireuen.

Sedangkan untuk rute tahun ini, peserta harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer, khusus wilayah Kota Bireuen, mulai star Jalan Laksamana Malahayati dan finisnya di depan rumah sakit umum Bireuen.

Karnaval budaya ini diikuti 12 SMP, tiga  MTs 3 dan 12 tingkat SMA/MA dan SMK ditambah dengan 19 tim drumband tingkat SD, MI, SMP, SMA/MAN dan SMK.

Baca Juga  Ubah Paradigma "Money Politik", KIP Bireuen Jajaki Warga Penerima PKH

“Bagi juara pada ajang ini, panitia menyediakan hadiah, baik untuk penampilan palaian adat, drumband dan kenderaan hias terbaik,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru