oleh

Panen Padi Serentak, Harga Gabah di Bireuen Anjlok

PENANEGERI, Bireuen – Meski masa panen padi yang didambakan petani mulai dilakukan dengan hasil yang sangat memuaskan di sejumlah kecamatan, namun harga jual gabah kering di Bireuen mulai anjlok.

Menurut sejumlah petani di Kabupaten Bireuen kepada Penanegeri.com, Rabu (20/3) mengaku, saat ini harga jual gabah kering sangat murah dibandingkan sebulan lalu.

“Saat ini harga gabah kering dibeli Rp 4.300, sebelumnya malah mencapi Rp 5.000 perkilogram. Artinya tak sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan petani selama bercocok tanam,” kata M Salihin salah seorang petani di Jeumpa.

Sementara harga beras saat ini justru naik mencapai Rp 10 ribu per kilogram, sedangkan harga beras berkualitas saat ini Rp 9.200 dan Rp 9.500 perkilogram.

Kalau beras perzak isi 15 kilogram khusus beras super premium kini dijual Rp 150 ribu hingga Rp 160 ribu perzak dipasaran.

Tak hanya harga gabah, sejumlah harga komuditi lainnya juga ikut turun dan sangat berdampak terhadap perekonomian petani seperti halnya harga kakao.

Baca Juga  Sambut Pemilu Damai, Polres Bireuen Gelar Tabligh dan Zikir di Masjid Agung

“Kalau harga jual kakao saat ini sangat menurun dibandingkan awal tahun lalu, saat ini harga kakao Rp 21 ribu perkilogram, sebelumnya mencapai Rp 26 hingga Rp 28 ribu perkilogram,” keluh M Yusuf salah seorang petani kakao di Jeumpa.

Komentar

Berita Terbaru