oleh

Pansus DPRA Temukan Mesin Bernilai Miliaran Rupiah tak Layak Pakai

-Aceh-18 views

PENANEGERI, Langsa – Tim Pansus Dapil VII DPR Aceh, memantau sejumlah proyek bangunan termasuk pengadaan yang bersumber dari APBA tahun anggaran 2017 di wilayah Kota Langsa dan sekitarnya, Rabu (30/5).

Salah satunya di SMK Negeri 2 Langsa, tim pansus menemukan puluhan mesin kendaraan ringan proyek pengadaan senilai Rp 1,6 miliar lebih yang sudah tidak layak pakai, untuk praktek siswa sekolah kejuruan jurusan otomotif tersebut.

Pasalnya, mesin kendaraan roda empat untuk kebutuhan praktek siswa di SMK Negeri 2 Langsa itu produksi atau tahun pembuatan 70-an, hal ini jauh berbeda atau tidak sebanding dengan model atau sistem mesin kendaraan tahun sekarang.

“Selain itu dari pengamatan kita, mesin praktek roda empat yang diserahkan akhir tahun 2017 lalu oleh pihak rekanan kepada pihak sekolah ini juga rekondisi atau mesin bekas,” kata Ketua Tim Pansus Dapil VII DPRA, Nurzahri ST.

Berdasarkan keterangan pihak sekolah kepada dewan, lanjut Nurzahri, bahwa awalnya pihak sekolah mengusulkan pengadaan mesin kendaraan ringan roda empat ini untuk tahun tinggi atau di atas tahun 2000. Namun saat diterima dari rekanan, mesin-mesin praktek siswa ini tahun rendah.

“Jika siswa belajar dan praktek pada mesin tahun rendah, maka ilmu mereka sulit untuk bisa dimanfaatkan untuk mekanik mesin kendraan tahun sekarang. Contohnya saja, mesin dahulu memakai platina, sekarang tidak ada lagi meisn memakai pengapian sistem platina,” tutupnya.

Adapun anggota DPRA yang tergabung dalam tim Pansus Dapil VII yakni, Jamaludin T Meuku, Zulfikar Lidan, Muslim Daud dan Rusli Tambi.

Komentar

Berita Terbaru