oleh

Pante Peusangan Bireuen jadi Lokasi Cetak Sawah Baru, TMMD Terobos Jalan di Makmur

PENANEGERI, Bireuen – Pemerintah Kabupaten Bireuen kembali melakukan  program cetak sawah baru seluas 40 hektar, di Gampong Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Bireuen.

Program cetak sawah baru tersebut dilakukan melalui Dana Otsus 2019 bekerjasama dengan Kodim 0111/Bireuen.

Kadis Pertanian Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM kepada Penanegeri.com, Senin (8/7) mengatakan, program cetak sawah baru tahun 2019 diprediksi akan rampung  dua bulan ke depan dan ini akan menjadi sawah baru guna  membantu masyarakat sebagai lahan untuk menanam padi.

“Lokasi cetak sawah baru berada di kawasan Pante Peusangan, dulunya belum ada jalan tembus. Untuk pembukaan jalan ke sana sendiri kerjasama antara Pemkab dengan Kodim Bireuen dan kini sudah rampung 12 kilometer dari Gampong Sarah Sirong, Jeumpa ke Pante Peusangan, Juli,” katanya.

Untuk mempercepat pembangunan dan cetak sawah baru di Pante Peusangan, Juli, Bireuen diturunkan dua unit alat berat dan telah dilakukan prosesi tepungtawari (peusijuk) oleh  tokoh masyarakat setempat dan dihadiri Wakil Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani, dan Dandim/0111, Letkol Amrul Huda.

Baca Juga  Boat Nelayan Samalanga Bireuen Tenggelam Dihantam Ombak

“Apabila program cetak sawah baru tahun ini seluas 40 hektar sukses, kedepan Pemkab Bireuen akan mengajukan lagi seluas 250 hektar lagi di laoaksi yang sama,” ujar Muzakkar.

Dikatakannya, lokasi yang diajukan itu berada di kawasan Pante Peusangan karena kawasan tersebut memenuhi persyaratan dan kriteria untuk program tersebut.

“Kita harapkan dengan adanya program cetak sawah baru akan memberikan dampak terhadap perekonomian petani di kawasan perbatasan Bireuen dan Bener Meriah ini,” sebut Muzakar.

Jalan Tembus

Pembukaan jalan terobos program dari Matang Kumbang menuju ke Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen mulai dikerjakan.

Jalan Baru pante Peusangan
(Penanegeri/Istimewa) : Pembukaan jalan terobos program TMMD ke-105 Kodim 0111/Bireuen dari Matang Kumbang tembus ke Blang Perlak, Makmur, Bireuen mulai dikerjakan, Senin (8/7).

Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda SE MM MSc kepada Penanegeri.com mengatakan, kegiatan yang sedang dilaksanakan ini merupakan pra TMMD akan dilakukan sepanjangan 4 kilomter dari Matang Kumbang tembus ke Blang Perlak guna memudahkan masyarakat.

“Sedangkan kegiatan fisik tetap dipusatkan, di Gampong Blang Perlak, selain pembukaan jalan terobos memperlancar akses masyarakat juga ikut membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi warga miskin,” katanya.

Baca Juga  Jarak Tempuh Jauh, Puskesmas Lokop Bantu Warga Daftar JKN-KIS

Untuk program RTLH sendiri bekerjasama dengan Kemensos dan akan merehap lima unit RTLH yang terealisasi dan kini sedang dikerjakan.

“Kalau jalan terobos yang sedang dikerjakan ini, awalnya telah ada jalan dasar, namun  tergerus bencana banjir, maka jalur lintas jalan bagi masyarakat itu banyak yang terputus bahkan tidak ada drainase di sisi kanan-kiri jalannya. Maka kita membuka kembali dan diperlebar,” terang Amrul Huda.

Dikatakan Dandim, melalui TMMD ini, jajaran TNI tetap hadir ditengah masyarakat, untuk menumbuh kembangkan semangat nasionalisme, cinta tanah air dan ikut melakukan gotong-royong bersama masyarakat, sehingga dapat teratasi.

“Program TMMD tahun 2019 ini, disamping membangun satu unit jembatan plat beton ukuran 3 x 5 meter, dan sembilan jembatan kecil. Kami juga membangun 277 meter talud ditambah 1 kilomter drainase pinggir jalan dibeberapa lokasi serta membangun rumah RTLH,” pungkasnya

Komentar

Berita Terbaru