oleh

Panwaslih Kota Langsa Gelar Pelatihan Saksi Parpol

-Aceh, Politik-46 views

PENANEGERI, Langsa – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa melalui Panwaslih Kecamatan (Panwaslihcam), secara serentak menggelar pelatihan saksi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh masing-masing kecamatan, Minggu (7/4).

Ketua Panwaslih Kota Langsa, Muhammad Khairi, M.Pem,I, kepada Penanegeri.com menyampaikan, sebelum menggelar pelatihan saksi terlebih dahulu kita menyurati Parpol peserta pemilu untuk mengirimkan nama-nama saksi. Namun, hingga batas akhir pengiriman nama yakni sampai 30 Maret 2019 hanya 6 parpol yang mengirimkan nama-nama saksi yakni Partai Nasional Demokrat, Partai Golongan Karya, Partai Persatuan Indonesia, Partai Demokrat, Partai Gerakan Perubahan Indonesia dan Partai Nanggroe Aceh.

Dijelaskannya, jumlah keseluruhan saksi yang dikirim oleh 6 Parpol tersebut sebanyak 1574 orang, yang terdiri dari Kecamatan Langsa Timur sebanyak 175 orang, Kecamatan Langsa Baro sebanyak 412 orang, Kecamatan Langsa Kota sebanyak 365 orang, Kecamatan Langsa Lama sebanyak 326 orang dan Kecamatan Langsa Barat sebanyak 296 orang.

Pelatihan saksi parpol ini, lanjut Khairi, diberikan melalui beberapa metode vidoe tutorial, penjelasan tentang tugas, kewajiban dan larangan yang ada di dalam buku saku saksi.

Baca Juga  Perusakan APK Caleg Semakin Marak, LSM Minta Pelaku Sadar Diri

“Setelah pelatihan ini, nantinya saksi parpol akan diberikan buku saku saksi dan saya berharap kepada saksi agar serius mengikuti dengan cermat materi yang diberikan Panwaslihcam, karena saksi nantinya akan berada langsung di TPS untuk menyaksikan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru