oleh

Panwaslih Langsa Gelar Rakernis Pengawasan APK pada Pemilihan Umum Tahun 2019

-Aceh-113 views

PENANEGERI, Langsa – Panita Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa, menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) pengawasan Alat Peraga Kampanye (APK) pada Pemilihan Umum Tahun 2019, Rabu (27/2) di Royal Coffe.

Acara yang berlangsung selama satu hari itu diikuti oleh Panwaslihcam se Kota Langsa dan Kepala Sekretariat dan staf kecamatan Panwaslihcam serta Kepala Sekretariat serta staf Panwaslih Kota Langsa.

Sementara sebagai narasumber yakni Ketua Panwaslih Kota Langsa, Muhammad Khairi, M.Pem,I, dan anggota Agus Syahputra, S.Sos dan Riswandar, SE.

Ketua Panwaslih Kota Langsa, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa rakernis ini sebagai wahana konsolidasi antara Panwaslih Kota Langsa dengan Panwaslihcam dalam rangka melakukan pengawasan terhadap APK yang sudah tersebar diseluruh Kota Langsa.

Karena, pada minggu pertama bulan Maret kita akan melakukan penertiban terhadap APK yang melanggar aturan, artinya yang dipasang bukan pada tempatnya.

“InsyaAllah, jika tidak ada halangan kita, pada Selasa (5/3), bersama Satpol PP dan pihak terkait lainnya akan melakukan penertiban APK, jadi dimohon kepada para calon legislatif untuk menertibkan APK nya, jika dipasang di tempat-tempat terlarang,” ucapnya.

Kemudian, kata Khairi, selain terkait pengawasan APK dan rencana penertiban, jauh lebih penting adalah

Panwaslihcam maupun sekretariat untuk sama-sama menjaga sikap netralitas, baik sikap secara personal maupun sikap kita dalam menyikapi informasi-informasi di media sosial terkait dengan pemilu, karena potensi-potensi konflik sangat tinggi.

“Saya atas nama lembaga berharap kepada seluruh Panwaslihcam dan jajaran di bawahnya untuk menjaga Netralitas dengan menahan diri tidak memposting dan mengokementari status pasangan capres, caleg tertentu karena kita sebagai pengawas juga dituntut oleh masyarakat terkait kinerja dan netralitas selaku penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Riswandar, SE tentang tatacara pengawasan ketentuan aturan pemasangan alat peraga kampaye pada penyelenggaraan pemilu DPR, DPD, DPRD serta calon presiden dan wakil presiden tahun 2019.

Terakhir, pemaparan materi yang disampaikan oleh Agus Syah Putra, S.Sos, tentang penindakan terhadap pemasangan alat peraga kampanye yang melanggar dalam rangka penyelenggaraan pemilu DPR, DPD, DPRD serta calon presiden dan wakil presiden tahun 2019.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *