oleh

Pasca Ditutup, Transaksi di Pasar Hewan Bireuen Sepi

PENANEGERI, Bireuen – Pasca ditutup beberapa pekan lalu akibat wabah Covid-19, transaksi jual beli hewan ternak masyarakat, di pasar hewan Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen yang dibuka hari ini sepi pembeli, Sabtu (11/4).

Pasar hewan yang sempat ditutup selama hampir tiga pekan, akibat wabah virus Corona itu belum terlihat adanya transaksi yang dilakukan hari ini.

Sejumlah pedagang hewan ternak sapi dan kambing kepada Penanegeri.com mengatakan, untuk hari ini mereka hanya membawa beberapa ekor sapi dan kambing, namun kurang laku.

“Mungkin kondisinya masih tidak normal karena pengaruh wabah virus corona, bahkan sapi tidak ada yang berminat membelinya,” ujar seorang pedagang sapi, Sofyan.

Sofyan menambahkan, biasanya menjelang meugang bulan puasa Ramadhan, maka permintaan sapi dan ternak kambing sangat tinggi. Tapi hari ini sangat sepi bahkan banyak yang tidak laku.

Hal senada juga dikatakan Ali Basyah, seorang pedagang hewan ternak kambing lainnya. Menurutnya belakangan ini pasar hewan sempat ditutup beberapa pekan karena wabah Covid-19.

“Hari ini baru dibuka, tapi hari ini pedagang dan pembelinya sepi. Biasanya menjelang meugang banyak warga yang datang membeli ternak sapi untuk disembelih persediaan meugang,” bebernya.

Sementara itu, Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Bireuen, Liza Rozana mengaku, dibukanya pasar hewan hari ini mengingat dalam waktu dekat memasuki hari meugang puasa.

“Pemkab Bireuen mengizinkan dibukanya operasional pasar hewan hari ini, namun pedagang atau masyarakat untuk tetap menjaga jarak serta memakai masker saat transaksi dilakukan,” terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *