oleh

PDAM Tirta Keumuning Siapkan Aplikasi Berbasis Online

PENANEGERI, Langsa – Guna meningkatkan pelayanan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Keumuning Langsa dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, sedang mempersiapkan aplikasi e-PDAM sebagai pelayananan kepada pelanggan dengan berbasis online.

Direktur PDAM Tirta Keumuning, Azzahir, SE, Kamis (6/2) menuturkan, bahwa aplikasi yang sedang persiapkan PDAM Tirta Keumuning dan Diskominfo ini meliputi cek tagihan, pembayaran tagihan air via ATM, pelayanan pelanggan, keluhan pelanggan, pasang baru, dan lainnya.

Dijelaskan, sebelumnya PDAM dan Diskominfo Langsa yang telah menandatangani kerjasama terkait penyediaan apkikasi e-PDAM berbasis online, pada tanggal 13 Januari 2020 lalu.

Saat ini Diskominfo dan PDAM Tirta Keumuning selaku perusahaan BUMD dalam bidang penyediaan air bersih bagi masyarakat, sedang mempersiapkan aplikasi yang akan diterapkan di PDAM Tirta Keumuning.

“Dalam waktu dekat ini, PDAM Tirta Keumuning Langsa juga akan melakukan kerjasama dengan Bank Aceh cabang Langsa dalam hal pembayaran tagihan air dengan sistem online. Artinya, pelanggan bisa membayar tagihan air dengan ATM atau Mobile Banking (internet banking), sehingga masyarakat (pelanggan PDAM) tidak lagi harus ke loket PDAM Tirta Keumuning untuk membayar tagihan air,” urainya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo setempat, Yanis Prianto SE MSI menyampaikan, kerjasama yang disepakati antara PDAM Tirta Keumuning dan Diskominfo dibidang pengembangan ilmu teknologi (IT) atau sistem elektronik.

Lanjutnya, pengembangan IT yang dilakukan nantinya berupa sistem baca meteran air, grafik pemakaian, pembayaran atau tagihan rekening air, dan lainnya dalam bentuk aplikasi online. Selain itu juga, terkait pengaduan pelanggan/masyarakat dan masalah gangguan distribusi air ke pelanggan, yang bisa disampaikan pelanggan dengan sistem online.

“Semua pelayanan itu nantinya dilakukan okeh PDAM Tirta Keumuning secara online atau menggunakan aplikasi yang diber nama e-PDAM,” jelasnya.

Dirinya berharap aplikasi e-PDAM ini benar-benar bisa meningkatkan pelayanan di PDAM Tirta Keumuning, khususnya akan mempermudahkan hubungan atau pelaporan antara pelanggan dan pihak PDAM tersebut.

“Alikasi e-PDAM yang sedang kita persiapkan untuk mendukung kelancaran sistem pelayanan kepada masyarakat Kota Langsa, sebagai pelanggan PDAM Tirta Keumuning,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *