oleh

Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong Berakhir, Bireuen Posisi ke Tiga

PENANEGERI, Bireuen – Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) yang berlangsung, di taman Aboratrium Umah Pitu Ruang Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah berakhir, Sabtu (13/7).

Ajang PIPMG yang menampilkan icon, inovasi dan kreativitas dan teknologi tepat guna (TTG) tersebut, Kabupaten Bireuen meraih posisi ke 3 dari 23 kabupaten/kota seluruh Aceh.

Sementara juara pertama di gondol Kabupaten Aceh Selatan dan posisi kedua diraih Kabupaten Aceh Tenggara.

Dalam even tahunan itu, Kabupaten Bireuen diwakili Gampong Paya Rangkuluh, Kecamatan Kutablang dengan menunjukan icon mesin pencacah pakan ternak sebagai produk unggulannya.

Mesin itu produk dan hasil kreativitas dari warga masyarakat Gampong Paya Rangkuluh, dan selama ini telah aktif membantu perekonomian warga gampong, dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) gampong setempat.

Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA-TTG) P3MD Kabupaten Bireuen, Jauza Putra ST, Sabtu (13/7) mengaku, dengan  keberhasilan Gampong Paya Rangkuluh ini kiranya dapat memberikan memotivasi gampong-gampong lain di kabupaten kedepannya.

Baca Juga  PPS dan Panwas Gampong Punge Jurong Tangkap 4 Pencoblos Ilegal asal Aceh Utara

“Kita juga berharap para geuchik di Bireuen tidak hanya berpaku pada pembanguna fisik semata melalui Dana Desa, tapi juga untuk TTG juga butuh inovasi di desa sehingga dapat meningkat perekonomian,” katanya.

Sementara itu, Geuchik Gampong Paya Rangkuluh, Kutablang, Saiful sangat berbangga hati atas apa yang telah diraih Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) Aceh ini.

“Ini tentu suatu kebanggaan bagi kami, kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama Pendamping Lokal Desa (PLD) serta Pendamping Desa (PD) Kutablang,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru