oleh

Pemko Langsa Programkan Setiap Masjid Miliki Imam Hafidz

-Aceh-78 views

PENANEGERI, Langsa – Pemerintah Kota Langsa melalui Dinas Syari’at memprogramkan setiap masjid memiliki imam hafidz yang bertindak sebagai imam rawatib setiap shalat lima waktu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Syari’at Islam Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif, MM Rabu (9/10), di ruang kerjanya.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kualitas ibadah shalat lima waktu dan untuk menambah semangat jamaah, meningkatkan syiar sangat diperlukan disetiap masjid dalam wilayah pemerintahan Kota Langsa memiliki imam hafidz. Maka untuk tahap awal minimal kita rekrut 20 orang imam hafidz dari 20 masjid besar dalam wilayah kota Langsa untuk kita latih.

“Mereka kita ikutkan dalam sebuah pelatihan, setelah itu mereka resmi menjadi imam rawatib di 20 masjid besar tersebut,” ucapnya.

Lanjutnya, direncanakan pelatihan tersebut berlansung full siang malam di Aula Hotel Kartika Langsa selama tiga hari sejak 20 sampai 23 Oktober 2019 dan untuk pematerinya kita datangkan dari Banda Aceh yang bekerja sama dengan Dinas Syari’at Islam Aceh.

Ibrahim Latif berharap, program ini didukung oleh pemerintah gampong, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Kota Langsa pada umumnya. Karena, jika imamnya hafidz dan apalagi merdu suaranya dipastikan jamaahnya bersemangat dan jamaahnya insyaallah  pasti bertambah dan ramai.

Baca Juga  199 Warga Binaan di Rutan Bireuen Belum Kantongi e-KTP

Menurutnya, dengam memiliki imam hafidz ini merupakan salah satu cara untuk memakmurkan masjid. Ketika masjid sudah makmur, maksiat pasti akan berkurang bahkan akan hilang. Dengan demikian masyarakat akan hidup tenang, aman, damai sejahtera.

“Nanti ketika adzan dikumandangkan, maka diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang duduk di cafe- cafe, warung kopi dan berkeliaran di jalan dan semua orang akan menuju masjid,” pungkas Ibrahim Latif.

Komentar

Berita Terbaru