oleh

Pemko Langsa Salurkan Zakat

-Aceh-18 views

PENANEGERI, Langsa – Pemerintah Kota Langsa melalui Baitul menyalurkan zakat untuk senif fakir dan miskin, Kamis (7/6) di Aula Setda Pemko Langsa.

Kepala Baitul Mal Kota Langsa Alamsyah mengatakan, total zakat yang disalurkan sebesar Rp 1.080.000.000 (Satu milyar Delapan Puluh Juta Rupiah), yang terdiri dari zakat untuk senif fakir Rp 360.000.000 dan senif untuk miskin berjumlah Rp 720.000.000.

Untuk senif fakir, katanya, ada tiga kategori, fakir uzur berjumlah 150 orang, fakir cacat berjumlah 100 orang dan fakir melalui usulan dari imam Gampong berjumlah 1.500 orang.

“Untuk fakir uzur dan fakir cacat sudah kita salurkan terlebih dahulu, sedangkan fakir yang diusul oleh para imam gampong hari ini kita bagikan,” ujarnya.

Dijelaskannya, fakir cacat mendapatkan zakat dalam bentuk uang sebesar Rp 300.000 per orang, fakir uzur mendapatkan zakat sebesar Rp 600.000 per orang.

“Untuk fakir uzur kita bagi dalam dua tahap,” imbuhnya.

Sedangkan untuk senif miskin, lanjutnya, jumlah penerima sebanyak 4.900 orang dengan besaran zakat yang diterima sejumlah Rp 100.000 per orang.

Baca Juga  Hari Pertama Kerja, Pemko Langsa Gelar Apel Bersama dan Halal Bihalal

“Kita ada juga bagikan zakat miskin untuk pasien rujukan, pasien yang dirujuk ke Medan atau ke Banda Aceh yang tidak mampu juga diberikan, dan ini satu-satunya program Baitul Mal Kota Langsa yang ada di Aceh,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, memberikan apresiasi kepada Baitul Mal yang telah menghimpun zakat.

“Kami menyampaikan terima kasih, peghargaan dan apresiasi kepada kepala Baitu Mal beserta seluruh jajarannya, yang telah bekerja keras berusaha sekuat tenaga mengumpulkan zakat dan juga infaq di Kota Langsa,” katanya.

Dikatakannya, saat ini masih ada masyarakat yang menyalurkan zakat secara langsung kepada masyarakat tidak melalui Baitul Mal.

“Ini tidak seluruh yang wajib zakat menyalurkannya melalui Baitu Mal, ada juga yang tidak, bahkan lebih besar potensi zakat disana, ada yang disalurkan sendiri,” sebutnya.

Untuk itu, Marzuki mengajak seluruh komponen agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui Baitul Mal.

Oleh karena itu, ini menjadi tugas kita terutama Baitul Mal, Pemerintah Kota Langsa, anggota DPRK, instansi lembaga vertikal, Geuchik, pak Imam, agar bisa bersosialilasi berkaitan dengan pengumpulan zakat dan infaq ini.

Baca Juga  Pemko Langsa Gelar Tausiyah dan Zikir Akbar

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh jika zakat disalurkan melalui Baitul Mal.

“Karena banyak sekali keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh, bisa lebih menjaga pemerataan didalam penyalurannya sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru