oleh

Pendidikan Karakter Harus Bersinergi

-Aceh-62 views

PENANEGERI, Langsa – Penguatan pendidikan karakter sesuai Peraturan Presiden Nomor : 87 Tahun 2017, harus dilaksanakan secara sinergisitas dengan Qanun Aceh Nomor : 8 Tahun 2015, Tentang Pembinaan dan Perlindungan Aqidah pada setiap lembaga Pendidikan Formal, non Formal dan Informal.

Demikian ditegaskan Kabag Humas Sekretariat Pemerintahan Kota Langsa M, Husin, S.Sos. MM, ketika bertindak sebagai pembina upacara bendera di SMP Negeri 3 Langsa, Senin (3/9).

Lebih lanjut dikatakannya, impementasinya harus harmonisasi memalui olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga. Hal ini untuk menghindari dekadensi moral dikalangan usia pelajar.

Kemudian, aqidah adalah keyakinan keagamaan pada diri seseorang yang dapat melandasi sikap, sifat, pendapat dan perilaku. Kalau anda bersikap, sifat, pendapat dan prilaku dalam koridor aqidah ini awal dari pembentukan karakter ” ujarnya.

Sedangkan karakter adalah sifat bathin yang mempengaruhi pikiran, prilaku, budi pekerti dan tabiat yang dimiliki manusia. Sementara, prinsip pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah berorientasi pada berkembangnya potensi peserta didik secara menyeluruh dan terpadu, keteladanan dalam penerapan pendidikan karakter pada masing-masing lingkungan pendidikan, dan berlangsung melalui pembiasaan dan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Tim Gabungan Periksa Angkutan Lebaran

Lanjut Kabag Humas yang juga Dosen IAIN Langsa ini, menyampaikan tujuan pendidikan karakter untuk merevitalisasi dan menguatkan berbagai tindakan yang selama ini sudah terpedaya tetapi realita yang terlihat berbagai tindakan selama ini jauh dari harapan, sehingga kualitas dalam perilaku tidak memadai.

“Dewan guru mesti benar-benar melakukan pembinaan secara cermat dan efektif terhadap peserta didik dan juga diminta kepada dewan guru sebelum memulai pelajaran diharapkan membacakan ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan pelajaran yang akan disampaikan, atau hadist-hadist Rasulullah SAW yang ada hubungan dengan pelajaran,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya berpesan kepada para pelajar bahwa belajarlah dengan rajin dan tekun demi masa depan, demi kebanggan orang tua, abdikanlah karya dan cita-citamu demi bangsa, negara dan agama kita.

“Harta akan hancur, masyur akan pergi. kecantikan akan luntur, ilmu pengetahuan yang kekal abadi,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru