oleh

Pengurusan Administarsi Disdukcapil Bireuen Diberlakukan Antrian

PENANEGERI, Bireuen – Guna memudahkan pelayanan serta mempercepat proses pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen mulai diberlakukan sistim antrian bagi warga.

Penerapan dan pemberlakuan sistim antrian tersebut dilaksanakan mulai tahun 2020, baik pengurusan administrasi baik KTP, Kartu Kelurga, surat pindah, akta kelahiran juga akta kematian.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen, Ir M Jafar MM kepada Penengeri.com, Selasa (21/1) menjelaskan, ketentuan ini kita lakukan untuk memudahkan pelayanan, mempercepat proses pengurusan, sehingga berkasnya tak hilang, dan warga tidak terlalu lama menunggu prosesnya.

“Sistim yang kita terapkan sekarang, warga yang membawa berkas lengkap langsung mendapatkan nomor antrian. Sebaliknya, apabila dinyatakan lengkap, maka diarahkan ke petugas lain untuk mendapatkan nomor antrian sambil menunggu di luar,” katanya.

Disinggung kesediaan blangko e-KTP yang belakangan ini belum tersedia untuk warga, M Jafar mengatakan, dalam pekan ini blangko e-KTP akan normal kembali, karena blangko e-KTP sendiri pengadaan langsung dari pusat.

Kendati prasarana pendukung masih kurang, petugas Disdukcapil Bireuen tetap bekerja hingga hari Sabtu, guna merampungkan berkas administrasi masyarakat.

“Untuk saat ini berkas pengurusan masyarakat yang masuk bisa mencapai 200 hingga 400 berkas. Tapi bagi warga berobat ke luar negeri, oang sakit dan melahirkan serta pengurusan mendadak akan akan tetap diberikan surat keterangan sementara,” sebutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *