oleh

Penyaluran Dana BOP PAUD di Bireuen Kembali Tersendat

PENANEGERI, Bireuen – Hingga memasuki tahun ajaran baru 2019-2020, penyaluran dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019 belum juga disalurkan.

Sebelumnya, pada awal tahun 2019 lalu, penyaluran dana BOP-PAUD, di Kabupaten Bireuen  melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) sebesar Rp 6,6 miliar itu juga sempat tertunda penyalurannya.

Pasalnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat belum mengajukan berkas permohonan pencairan BOP PAUD untuk seluruh PAUD di 17 kecamatan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen.

“Semestinya dana itu sudah harus dicairkan sejak awal tahun lalu karena pengajuan tahun 2018. Tapi hingga bulan Juli 2019 ini, dana tersebut belum juga disalurkan. Kan aneh Pemerintah Bireuen sekarang ini,” ujar seorang pengelola PAUD di Bireuen yang meminta tidak disebutkan namanya, Jumat (19/7).

Menanggapi hal ini, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen, Drs Muhammad Nasir M.Pd saat dikonfiramsi Penanegeri.com secara terpisah menjelaskan, belum disalurkan dana BOP-PAUD tersebut karena ada beberapa TK yang harus dilakukan perubahan data.

Baca Juga  Mesin Boat Rusak, 3 Nelayan Aceh Timur Ditemukan Selamat

Menurutnya, saat ini pengajuannya sedang dilakukan verifikasi kembali oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen karena ada perbedaan data saat pengajuan dari TK.

“Ada beberapa hal yang perlu dilakukan perubahan. Saat ini ada satu lokasi pengelolaan TK atau PAUD itu ada beberapa kelompok lainnya. Ada kelompok bermain (KB), PAUD dan TK disatukan dengan tempat penitipan anak (TPA),” katanya.

Sementara Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) harus berbeda-beda, namun ada juga yang diajukan dari pengelolaan TK itu sama, meski berbeda tingkatan seperti TK/PAUD dan KB maupun TPA.

“Untuk pencarian dana BOP PAUD ini harus menunggu perubahan kendati saat ini sedang dilakukan verifikasi ulang di BPKD Bireuen, setelah itu langsung kita salurkan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru