oleh

Perekonomian Indonesia Rendah, Gebrakan Pemerintah Tawarkan Solusi Omnibus Law Guna Menarik Investor

PENANEGERI, Jakarta – Wakil Sekretaris PC GP Ansor, Kota Bekasi, Muhammad Aminuddin, mengatakan bahwa omnibus law sering sekali terdengar di ruang publik.

Ada kalangan yang mendukung bahkan ada juga kalangan yang menolak tentang adanya omnibus law ini.

“Sebenarnya apasih omnibus law sehingga membuat warga negara Indonesia ricuh akan adanya hal tersebut”. Hal ini, Ia sampaikan dalam Dialog Mahasiswa di Ruangan Telecrom Kampus 1 Universitas Islam As-Syafi’iyah (28/20).

Menurutnya, omnibus law adalah penyederhanaan regulasi yang saat ini sebagian masih tumpang tindih dan seakan berbelit –belit agar menjadi regulasi yang lebih transparan dan memudahkan semua pihak, maka pemerintah membuat omnibus law

“Omnibus law disiapkan untuk memperkuat perekonomian nasional. Dalam omnibus law ini, pemerintah memiliki keterlibatan dalam hal investasi didalamnya. Adanya omnibuslaw diharapkan mampu memberikan perlindungan lebih kepada pegawai/buruh kerja agar kesejahteraan nasional tercapai juga. Saat ini draf RUU omnibuslaw telah sampai di tangan DPR untuk dikaji,” paparnya.

Disisi lain menurut salah akademisi, Amir Maksum, dalam pidato Presiden Joko Widodo setelah beliau dilantik untuk menjadi presiden yang kedua kalinya, beliau merencanakan akan membuat sebuah konsep hukum perundang – undang yang kerap sekali disebut omnibus law .

“Yang akan dilakukan adalah untuk penyederhanaan kendala regulasi yang berbelit – belit dan panjang. Dalam undang – undang omnibus law ada 11 klaster. Salah satunya klaster tentang UU cilaka,” kata Amir.

Selain itu, tambah Amir bahwa yang sering sekali jadi perbincangan dikalangan masyarakat, terlebih para buruh.

“Omnibus law siapa yang beruntung? Tentu saja semua pihak diharapkan dapat menikmati keuntunganya, baik masyarakat (pekerja) maupun pengusaha (investor). Adanya omnibus law diharapkan dapat menarik banyak investor untuk menanamkan sahamnya di Indonesia, dengan kata lain, banyaknya penanam saham ini nantinya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Indonesia apalagi, kita akan segera menghadapi bonus demografi,” terangnya.

Ditambah, kata Amir, persoalan perekonomian di Indonesia yang saat ini semakin rendah. Sehingga pemerintah memberikan alternatif solusi dalam bentuk regulasi berupa omnibus law untuk mempermudah salah satunya perizinan berusaha, perlindungan UMKM dll sebagainya yang menjadi upaya untuk menaikkan perekonomian nasional. (Rilis)

Komentar

Berita Terbaru