oleh

Periksa Peserta Prolanis, BPJS Kesehatan Langsa Gandeng Prodia

PENANEGERI, Langsa – BPJS Kesehatan Cabang Langsa bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia melakukan pemeriksaan darah HBA1C bagi peserta JKN-KIS yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Senin (6/5).

Pemeriksaan yang diikuti sekitar 19 klub Prolanis yang berada pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kota Langsa ini dilaksanakan di Klinik Sahabat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong peserta penyakit kronis dalam meningkatkan pola hidup sehat.

“Kegiatan pemeriksaan HBA1C dan kimia darah ini akan dilakukan selama 2 (dua) hari untuk Kota Langsa,” sebut Branch Custumer Service (BCS) Prodia Lhokseumawe Vinna Voinita Sari.

Ia juga menambahkan, penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes militus (DM) harus diperiksakan secara rutin (berkala) untuk memantau apakah si pasien menuju sembuh atau semakin parah penyakitnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Rice Handayani, menjelaskan, bahwa pemeriksaan bagi peserta yang tergabung dalam Prolanis ini dilaksanakan rutin enam bulan sekali. Dalam periode tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Langsa melakukan pemeriksaan rutin kepada peserta prolanis yang tentunya sebagai kontrol terhadap kondisi peserta penyakit kronis.

Baca Juga  Saat Pasang Pelaminan, Pemilik Dekor Meninggal Kesetrum Arus Listrik

“Bahkan kita bekerja sama dengan Prodia dari Kota Lhokseumawe mengingat di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Langsa belum memiliki laboratorium. Ini semua dilakukan untuk memastikan peserta JKN-KIS khususnya yang tergabung dalam Prolanis untuk mendapatkan pemeriksaan,” jelas Rice.

Ia berharap dengan adanya pemeriksaan berkala ini dapat meningkatkan motivasi peserta program Prolanis untuk menjaga pola hidup sehat mengingat peserta Prolanis rata-rata berusia di atas 40 tahun.

Komentar

Berita Terbaru