oleh

Peringati “May Day”, Ini Harapan Buruh Aceh Utara

-Aceh, Ekonomi-16 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Sejumlah buruh di Indonesia menggelar unjuk rasa pada peringatan “May Day” internasional, tak terkecuali di Aceh. Di Kabupaten Aceh Utara, buruh berharap pemerintah mengevaluasi keberadaan perusahaan swasta untuk memberikan imbalan kepada para pekerja agar sesuai dengan UMP.

Rustam Effendy (35), buruh di salah satu perusahaan yang berlokasi di Aceh Timur kepada Penanegeri.com, Rabu (1/5) menginginkan, pemerintah mengkaji perusahaan-perusahan swasta di tiap-tiap daerah agar menyejahterakan karyawannya.

“Pemerintah semestinya harus membuat tim evaluasi. Masih banyak perusahaan-perusahaan besar di Aceh yang masih memberikan upah kerja kepada karyawannya tidak sesuai UMP. Kami sangat berharap adanya perhatian pemerintah,” ujarnya.

Menurut Rustam, upah yang layak untuk para pekerja di perusahaan swasta berkisar di atas Rp 3,5 juta. Ia mengakui besarnya pengeluaran dibandingkan pendapatan membuatnya kewalahan untuk menghadapi segala kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Gaji Rp 1,5 juta. Sedangkan pengeluaran rata-rata perbulan di atas 3 juta. Mana cukup, tanggungjawab kita besar di perusahaan, tapi upahnya minim. Ini yang harus dievaluasi, intinya walaupun tidak sesuai UMP, minimal jangan di bawah Rp 1,5 juta,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru