oleh

Permintaan Sapi Qurban di Bireuen Meningkat Tajam

PENANEGERI, Bireuen – Menjelang lebaran Idul Adha, 10 Dzulhijah 1440 Hijriah, permintaan sapi untuk qurban di pasar hewan Geuleumpang Payong, Kecamatan jeumpa, Kabupaten Bireuen meningkatan tajam, Sabtu (3/8).

Sementara permintaan sapi untuk pedagang daging meugang Idul Adha tahun ini menurun, dibandingkan dengan permintaan sepi daging meugang lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu.

Menurut seorang pedagang sapi, Khalil asal Juli, Bireuen yang ditemui Penanegeri.com di pasar hewan Bireuen, Sabtu (3/8) mengatakan, saat ini permintaan sapi qurban sedikit meningkat dan rata-rata sapi dengan harga Rp 15 sampai dengan Rp 21 juta.

Menurut Khalil, kalau untuk ukuran harga Rp 15 juta itu, dagingnya ditaksir sekitar 80 kilogram, sementara ukuran Rp 21 juta bisa mencapai 110 kilogram daging.

“Tapi permintaan lebaran qurban tahun lalu berkisar Rp 12 sampai Rp15 juta. Tapi tahun ini sedikit meningkat, kecuali permintaan sapi untuk pedagang daging meugang kali ini menurun,” katanya.

Petugas Pasar Hewan Geulumpang Payong, Sulaiman SP menjelaskan, kalau permintaan sapi persediaan daging meugang lebaran Idul Adha belum terlihat adanya peningkatan permintaan yang berati, kecuali untuk permintaan sapi qurban.

Baca Juga  Polres Bireuen Amankan 3 Tersangka Penipuan Takaran Minyak Goreng Curah

“Hari ini permintaan sapi qurban tidak hanya untuk kalangan warga di Bireuen atau wilayah Aceh, tapi dari Padang, Sumetara Barat, Binjai dan Kisaran, Medan, Sumetara Utara juga ada, berbeda dengan tahun lalu,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru