oleh

Persedian Darah di UTD RSUD Bireuen Kosong

PENANEGERI, Bireuen – Sejak dua pekan terakhir, persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen kosong, Rabu (27/5).

Kepala UTD rumah sakit umum daerah (RSUD) Bireuen, Wardati SKM kepada Penanegeri.com mengaku, belakangan ini hampir setiap hari persediaan darah di UTD RSUD Bireuen kosong dan guna mengantisipasi hal ini, pihaknya terpaksa meminta keluarga pasien untuk mendonor darahnya.

“Selama ini, hampir setiap hari puluhan pasien membutuhkan darah, baik pasien melahirkan, pasien cuci darah serta pasien thalasemia serta dari pasien yang kekurangan HB darah,” katanya.

Dijelaskan Wardati, di Bireuen ada belasan pasien cuci darah yang membutuhkan darah puluhan kantong setiap minggunya. Lalu kebutuhan pasien melahirkan, pasien kecelakaan lalulintas serta untuk pasien lainnya.

“Sementara persediaan darah kosong di UTD, bahkan sejak beberapa bulan lalu, balasan pasien thalasemia yang setiap minggu membutuhkan darah minimal 2 hingga 3 kantong darah,” ungkapnya.

Berdasarkan data, tambahnya, kebutuhan darah untuk Bireuen bisa mencapai 15 sampai 25 kantong setiap hari, baik di rumah sakit umum serta sejumlah rumah sakit swasta hingga di Puskesmas.

“Sejak seminggu terakhir kami kewalahan mencari pendonor untuk menutupi kebutuhan, sebagian tertangani dengan keluarga pasien yang mendonor,” timpalnya.

Untuk menanggulangi hal ini, pihaknya mengharapkan partisipasi masyarakat terutama Dinkes dan Pemkab Bireuen serta swasta untuk terus melakukan donor darah secara rutin, sehingga kebutuhan darah untuk pasien yang membutuhkan tertanggulangi.

Disinggung penyebab kekurangan darah, Wardati menhelaskkan, sejak minggu ketiga Ramadhan tim mobil UTD Bireuen tidak dilakukan donor darah seperti biasanya.

“Untuk hari ini kita mulai bergerak, melakukan serta mencari pendonor dengan mobil donor darah, seperti di Alun-alun kota Bireuen, sambil mengajak masyarakat untuk mendonor darahnya,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *