oleh

Personel Kodim Bireuen Rampungkan 53 Unit Jamban untuk Warga Blang Perlak Makmur

PENANEGERI, Bireuen – Sedikitnya 53 jamban rampung dikerjakan dalam program tambahan TMMD Reguler 105 Kodim 0111/Bireuen, di Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen. Progam tersebut juga telah diserahterimakan kepada warga, Selasa (6/8).

Sebelumnya, sebagian warga di desa tersebut masih mengandalkan alam (sungai) sebagai tempat membuang hajat. Sementara dengan adanya TMMD ini masyarakat dapat merasakan jamban baru yang bersertifikasi Open Defecation Free (ODF).

Wadan Satgas TMMD ke-105 Kodim 0111/Bireuen Mayor Arm Ranna Hidfitriyadi Ssos kepada Penanegeri.com mengatakan, pembangunan jamban ini juga didukung dengan closet dan septic tank, sehingga warga sudah bisa memanfaatkan dengan baik.

“Pembangunan jambanisasi untuk warga dari sasaran tambahan sudah rampung dan telah diserahterimakan dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Dikauinya, jamban yang bangun ada 53 unit dengan harapan, warga tidak lagi membuang air besar di sungai, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan serta berdampak terhadap kesehatan.

“Tujuan utama, warga bisa menerapkan pola hidup sehat, dan termotivasi agar hidup sehat di lingkungan masyarakat,” harap Wadansatgas.

Baca Juga  Laka Lantas di Tiga Lokasi di Bireuen, Tiga Orang Meninggal

Sementara itu Hasyim, seorang warga Blang perlak, Makmur, Bireuen sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya pembangunan jamban ini.

“Dengan dibangunnya jamban ini, maka warga dapat memanfatkan dengan baik sehingga warga tidak lagi membuang hajatnya ke sungai,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru