oleh

Perusak Surat Suara di TPS 12 Blang Pase Divonis Dua Tahun Penjara

PENANEGERI, Langsa – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Langsa menjatuhkan hukuman kepada perusak surat suara di TPS 12 Gampong Paya Bujuk Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota, M Salim Harun, 2 tahun penjara dan memerintahkan agar terdakwa ditahan.

Demikian disampaikan, Humas Pengadilan Negeri Langsa, Kurniawan, SH, kepada Penanegeri.com, Rabu (15/5).

Dijelaskannya, dalam amar putusan Nomor: 67/Pid.Sus/2019/PN Lgs, yang diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum, Rabu (15/5)dengan Hakim Ketua, Dr Nurnaningsih Amriani, SH, MH dan Muhammad Dede Idham, SH serta Ryki Rahman Sigalingging, SH, MH, masing-masing sebagai Hakim Anggota, mengadili, pertama, menyatakan terdakwa M Salim Harun Bin Harun terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “menyebabkan suara seorang pemilih menjadi tidak bernilai, menyebabkan peserta pemilu tertentu mendapat tambahan suara dan perolehan suara peserta pemilu menjadi berkurang”, sebagaimana dalam dakwaan tunggal Penuntut Umum.

Kedua, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda sebesar Rp 20 juta, apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan, ketiga, memerintahkan agar terdakwa ditahan.

Baca Juga  Dua Oknum BNNK Langsa Divonis 7 Tahun Penjara

Keempat, menetapkan barang bukti berupa, satu buah kawat gantungan kunci berbentuk cincin yang telah dibengkokkan ujungnya, sembilan lembar surat suara daerah pemilihan Kota Langsa 1 DPR Kota. Kelima, menetapkan agar terdakwa dibebani membayar biaya perkara sebesar Rp 2.000.

Komentar

Berita Terbaru