oleh

Petani Aceh Utara Kecewa dan Cemaskan Harga Gabah

-Aceh, Ekonomi-104 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Petani Kabupaten Aceh Utara mulai cemas dan mengaku rugi besar akibat harga jual gabah turun drastis dalam sepekan terakhir. Harga jual gabah saat ini Rp 4000 per kilogram dan mereka tidak menginginkan harga yang rendah itu terjadi saat musim panen padi.

“Jelas-jelas sangat merugikan kami petani. Padahal kami menargetkan harga jual gabah berkisar di atas Rp 5000 per kilogram. Tapi sekarang malah turun jadi Rp 4000,” tutur Idris, salah seorang petani Kecamatan Tanah Jambo Aye kepada Penanegeri.com, Jumat (22/3).

Ia mengatakan, beberapa hari sebelum memasuki masa panen atau tepatnya pada bulan Febuari, harga jual gabah padahal Rp 4500 per kilogram. Namun ketika memasuki puncak musim panen harganya justru menurun tajam.

“Kami merasa tidak adil. Setelah harga jual gabah turun, hasil panen padi kali ini juga tidak sesuai dengan yang kami targetkan akibat pengaruh hama pada tanaman. Kami bisa panik kalau begini terus, karena pengeluaran yang membengkak tidak terpenuhi dengan hasil panen ini,” ujarnya.

Baca Juga  Langgar Kode Etik, DKPP Berhentikan Ketua Panwaslihcam Langsa Kota

Dia berharap pemerintah Aceh tidak tinggal diam untuk mengatasi masalah harga jual gabah petani tersebut. Petani hanya berharap harga jual gabah seimbang dengan jumlah modal yang dikeluarkan.

“Pemerintah meminta kami petani untuk turun ke sawah secara serentak, tanam padi serentak. Tetapi harga jual gabah murah. Ini adalah program yang merugikan masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru