oleh

Petani Aceh Utara Keluhkan Tanaman Pepaya Diserang Hama

-Aceh-39 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Ternyata tak hanya tanaman padi, tanaman pepaya juga diserang hama. Seperti yang dialami petani Gampong Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara.

Seorang petani di desa tersebut, Darwis (55) mengatakan, hama yang belum diketahui jenisnya itu menyerang bagian daun tanaman pepaya, sehingga daunnya membusuk.

“Pertama diserang bagian daunnya, sehingga daunnya kering dan cabangnya juga ikut busuk. Untuk saat ini, kami belum mengetahui persis jenis penyakitnya. Kalau kami sebut di sini yaitu hama wereng,” kata Darwis kepada Penanegeri.com, Senin (12/8).

Ia menjelaskan, penyakit itu sudah menyebar di areal perkebunan warga, bahkan puluhan hektar tanaman pepaya yang sudah berbuah atau siap panen juga telah terkena hama tersebut.

“Sejauh ini kita melakukan cara-cara alami yaitu dengan cara menyemprot bagian daun yang layu itu, namun tidak ada efeknya. Penyakit ini tidak berpengaruh pada buah, bahkan buahnya bagus-bagus. Hanya daun yang busuk,” terang Darwis.

Dikatakannya, harga jual buah pepaya saat ini turun menjadi Rp 3000 per kilogram, setelah sempat mengalami kenaikan hingga Rp 3.900 per kilogram.

Baca Juga  Miliki Sabu, Resedivis Lapas Klas II B Langsa Diringkus Polisi

“Buah pepaya tersebut dijual ke kabupaten tetangga dan sebagainya dipasok ke Medan, Sumatera Utara,” tandas Darwis.

Komentar

Berita Terbaru