oleh

Pisang Diserang Hama, Masyarakat Desak Pemerintah Cari Solusi

-Aceh-27 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Masyarakat Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara mendesak pemerintah kabupaten setempat melalui dinas terkait agar segera mencari solusi untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman pisang di daerah mereka. Kecamatan Langkahan sebelumnya dikenal sebagai salah satu daerah produksi Pisang Sale.

“Saya mewakili masyarakat Langkahan, mendesak pemerintah agar mengatasi hama yang menyerang tanaman pisang di sini. Dulu, Langkahan dikenal sebagai daerah produksi Pisang Sale. Namun sejak tahun 2003 lalu, tanaman pisang diserang hama, sehingga produksi Pisang Sale tidak ada lagi,” kata Razali, salah seorang tokoh masyarakat Langkahan kepada Penanegeri.com, Kamis (29/11).

Menurutnya, masyarakat sejauh ini belum mengetahui jenis penyakit yang menyerang tanaman pisang tersebut. Banyak bibit tanaman pisang yang punah karena penyakit virus itu.

“Dulu seingat saya, pernah turun tim untuk menyelidiki hama itu, namun saya lihat tidak ada solusi. Dulu, kecamatan Langkahan memproduksi Pisang Sale hingga diekspor ke luar daerah. Sekarang ada produksinya tapi sangat minim karena sumber pisang sudah sedikit,” terang Razali.

Dijelaskannya, beberapa desa di kecamatan itu yang dulunya memproduksi Pisang Sale seperti Desa Buket Linteung, Rumoh Rayeuk, Langkahan, Geudumbak, Tanjoeng Seulamat, Tanjoeng Dalam, Meunasah Blang, Alue Krak Kaye, Tanjoeng Jawa, Padang Meuria, Matang Teungoh, Luboek Mane dan Matang Rubek.

“Sekitar tahun 1980-han silam, saya waktu itu menjadi tukang ambil-ambil pisang sale di Langkahan. Proses produksi Pisang Sale ini dengan cara dikeringkan dengan api dan sinar matahari. Produksi diekspor hingga ke luar daerah,” tandas Razali.

Pisang Sale adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur untuk mengurangi kadar air buah pisang, sehingga pisang sale bertahan lebih lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. Produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Komentar

Berita Terbaru