oleh

Plt Gubernur Aceh Minta Warga Tak Mudik: Pikirkan Orang Tua di Kampung

PENANEGERI, Aceh – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta masyarakat Tanah Rencong yang berada di perantauan tidak mudik di tengah pandemi Corona. Bila harus pulang, warga diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Saya ingin jelaskan bahwa mudik dilarang atau diizinkan itu tidak boleh secara represif. Kalau diizinkan nanti ramai-ramai mudik, kalau dilarang nanti yang harus mudik dengan keperluan tertentu tidak bisa,” kata Nova di Banda Aceh, Kamis (9/4/2020).

Nova mengatakan pemerintah Aceh akan melakukan pendekatan dari aspek kesehatan. Dia meminta masyarakat yang ingin mudik memikirkan orang tua di kampung sehingga tidak menularkan virus Corona.

“Pikir orang tua di kampung kalau mudik kemudian membawa virus, sudah ada terjadi di Jawa Barat,” jelas Nova.

Menurutnya, penderita Corona saat ini ada yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan berpotensi menularkan virus ke orang lain. Nova meminta warga yang ada di perantauan menyayangi orang tua di kampung dengan cara tidak mudik.

“Mudik kita imbau untuk tidak dilakukan, kalau terpaksa mudik maka gunakan transportasi yang tidak berkumpul ramai-ramai, jaga jarak, pakai masker kemudian di kampung begitu tiba lakukan isolasi mandiri,” sebut Nova.

“Pastikan semua aman baru berinteraksi. Tapi kita pun harus jaga jarak, kerumunan dan terapkan protokol keamanan lainnya. Jangan lupa pakai masker waktu di kampung,” ujarnya. (*/dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *