oleh

Polisi Amankan Ibu yang Buang Bayinya di Lumajang

PENANEGERI, Lumajang – Polisi mengamankan pelaku pembuang bayi di depan pintu rumah warga di Dusun Besuk Selatan, Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Pelaku ternyata perempuan yang pertama kali mengaku menemukan bayi tersebut.

“Sejak awal kami curiga pelaku adalah orang dekat lokasi. Ternyata benar, pelakunya adalah ibu yang menemukan bayi itu sendiri,” kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, Kamis (29/11/2018).

Pelaku yang juga ibu dari bayi laki-laki itu berinisial WD (32), warga setempat. Motif pelaku membuang bayi karena latar belakang ekonomi.

“Pelaku saat ini sudah memiliki dua anak yang masih kecil. Sedangkan penghasilan suaminya tidak menentu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun motif lain tetap kami selidiki,” terang Arsal.

Kasus ini terungkap setelah tim khusus yang dibentuk Satreskrim Polres Lumajang melakukan penyelidikan mendalam di lokasi kejadian. Selain berkoordinasi dengan Puskesmas, polisi juga menggali informasi tentang adanya ibu hamil di sekitar lokasi.

“Dan dalam waktu lima hari kami akhirnya berhasil mengungkap kasus ini,” kata Arsal.

Meski sempat diamankan, sang ibu pembuang bayi ini tidak ditahan. Pertimbangannya adalah alasan kemanusiaan.

“Kami proses hukum, tapi tidak kami lakukan penahanan karena faktor kemanusiaan. Kami ingin bayi tersebut dirawat ibunya. Saya akan koordinasi dengan teman-teman di Criminal Justice System,” pungkas Arsal.

Diberitakan sebelumnya, sesosok bayi laki-laki dalam keadaaan masih hidup ditemukan di depan pintu samping rumah Zainul Ulum (49), warga Dusun Besuk Selatan, Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Jumat (23/11). Saat ditemukan, bayi tersebut dalam kondisi tidak tertutup sehelai kain pun. Bahkan ari-ari bayi masih menempel.

Warga Dusun Besuk Selatan, Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat (23/11/2018) dini hari, dihebohkan dengan penemuan bayi mungil ketika ditemukan terdapat tali pusar masih menempel.

Bayi malang berjenis laki-laki tersebut ditemukan di depan pintu rumah Muhammad Zainul Ulum tanpa dibungkus dengan sehelai kain dan terdapat tali pusar masih melekat, dan masih terdapat darah pada bagian tubuh.

Bayi tersebut diduga baru dilahirkan oleh Ibunya, Bayi tersebut memiliki berat 3,4 kilogram dengan panjang 50 centimeter, dan setelah dicek kondisinya oleh bidan bayi dinyatakan sehat. (*/dtc)

 

Komentar

Berita Terbaru