oleh

Polisi Larang Mobil Bak Terbuka Angkut Rombongan

-Aceh-338 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Aceh Utara terus melakukan upaya-upaya untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah menghimbau para pengendara mobil bak terbuka agar tidak mengangkat rombongan penumpang.

“Mobil bak terbuka mengangkut penumpang sangat besar risikonya dan rentan terjadi kecelakaan di jalan raya,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, melalui Kasat Lantas AKP T Heri Hermawan, Minggu (1/12).

Sebenarnya, kata AKP T Heri Hermawan, larangan mobil bak terbuka mengangkut penumpang sudah tertuang jelas dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang menyebutkan kendaraan angkutan barang dilarang mengangkut penumpang atau orang.

“Terkadang ditemui di jalanan, satu mobil pikup mengangkut sampai 30 orang di bak belakang dengan kondisi berhimpitan. Mobil angkutan barang hanya untuk mengangkut barang, bukan untuk mengangkut orang,” ujarnya lagi.

Belum lama ini, AKP T Heri Hermawan juga mengimbau para masyarakat yang mencari sumbangan di jalan raya. Hal itu dapat membahayakan dan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Baca Juga  Warga Aceh Utara Minta Polisi Perketat Penjagaan di TPS saat Pencoblosan

“Kita sudah menyurati sejumlah pihak seperti panitia pembangunan masjid yang berada di jalan lintas Banda-Aceh Medan untuk tidak meminta sumbangan ditengah jalan, karena risikonya besar kalau tersenggol kendaraan,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru