oleh

Polres Aceh Utara Telusuri Pengadaan Benih Padi IF8

-Aceh-175 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Satreskrim Polres Aceh Utara mulai menelusuri pengadaan benih padi merk IF8 untuk Gampong. Sesuai surat edaran Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten setempat, benih padi itu untuk sementara tidak boleh disebarluaskan karena belum memiliki sertifikat.

“Terkait masalah benih padi merk IF8 ini, kita sudah memanggil salah satu Geuchik (kepala desa) di Aceh Utara untuk meminta klarifikasinya,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah kepada Penanegeri.com, Selasa (2/7).

Rezki mengatakan, salah satu Geuchik yang dimintai keterangan itu untuk mengetahui sejauh ini apakah benih padi merk IF8 tersebut masuk dalam SNI atau sudah memiliki label lisensinya. Setelah itu Polisi baru melakukan pengembangan.

“Kita mintai dulu keterangan apakah benar benih padi itu produksinya di sini. Jika benar baru kita telusuri dari mana asalnya. Kalau benih padi itu belum SNI tapi bisa masuk ke sini kan aneh jadinya,” katanya.

Belum lama ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara mengeluarkan surat edaran menyangkut benih padi IF8 ini. Surat edaran tertanggal 19 Juni 2019 itu ditujukan kepada para koordinator Pengawas Benih Tanaman (PBT), kepala BPP dan para mantri tani di wilayah Aceh Utara.

Baca Juga  Dua ASN Jadi Korban Pencurian Pemecahan Kaca Mobil di Langsa

“Sehubungan surat kepala dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh No. 510.796/IX tanggal 15 Mei 2019 perihal penyaluran benih tanpa label. Mengenai penyaluran benih IF8 yang belum memiliki sertifikat dan izin untuk disebarkan, maka disampaikan kepada seluruh mantri tani, penyuluh dan koordinator PBT untuk mengawasi dan mensosialisasi pelarangan penyaluran dan penggunaan benih IF8 yang belum resmi,” demikian isi surat edaran itu.

Beberapa Geuchik di Aceh Utara, misalnya di Kecamatan Seunuddon mengaku sebelumnya sempat membeli benih tersebut dengan menggunakan dana desa, bahkan tanaman padi juga sudah tumbuh saat ini.

Hingga berita ini ditayangkan, Penanegeri belum berhasil mendapatkan keterangan lebih lanjut dari pihak penyedia benih padi merk IF8 tersebut.

Komentar

Berita Terbaru