oleh

Polres Bireuen Libatkan Santri Ceramahi Pelanggar Lalulintas

PENANEGERI, Bireuen – Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN), Satlantas Polres Bireuen melibatkan ratusan santri dari Dayah Darussa’dah, Cot Bada, Peusangan saat melakukan razia kendaraan, di seputaran Kota Bireuen, Kamis (24/10).

Para santri tersebut dilibatkan khusus untuk memberikan ceramah atau tausiyah bagi pelanggar yang tidak mematuhi aturan berlalulintas, terutama tidak mengenakan helm, dan sabuk pengaman bagi sopir yang melintas.

Kasatlantas Polres Bireuen, Iptu Sandy Titah Nugraha, SIK kepada Penanegeri.com, Kamis (24/10) mengatakan, selain menurunkan personelnya, pihaknya sengaja melibatkan para santri untuk memberikan ceramah bagi pelanggar lalulintas.

Menurut Sandy, ini sengaja dilakukan sebagai efek jera bagi pelaggar yang selama ini masih mengabaikan keselamatan dan aturan berlalulintas di jalan.

“Bila ada pelanggar, maka tugas para santri dayah ini langsung menghampiri pelanggar, terutama yang tidak mengenakan helm dan sabuk pengaman, dan mereka wajib memberikan ceramah terkait bahayanya bila kecelakaan,” jelasnya.

Program yang kita lakukan ini, lanjut Sandy, juga bagian dari sosialisasi Operasi Zebra Rencong 2019 yang sedang dilaksanakan di Bireuen.

Baca Juga  Badan Jalan Gampong Cot Bada Amblas Akibat Abrasi Sungai

Dibagian lain, Kasatlantas Polres Bireuen juga mengatakan, dengan adanya ceramah para santri ini akan menjadi pelajaran beharga bagi semua kalangan masyarakat, terutama pelanggar yang berhasil distop para santri dan personel Satlantas.

“Kita berharap ini juga bagian pelajaran berharga, dimana para santri turun ke jalan untuk mensosialisasikan bahayanya bekendaraan bila tidak didukung dengan helm muka belakang,” tandasnya.

Pantauan Penanegeri.com, selama kegiatan tersebut, ratusan santri yang dibagi beberapa kelompok turun disejumlah persimpangan jalan, dipandu beberapa petugas Satlantas. Bila ada yang tidak mengenakan helm, santri ini langsung menghentikannya seraya memberikan ceramah bagi pelanggar tersebut.

Komentar

Berita Terbaru