oleh

Polres Bireuen Ringkus Pelaku Penipuan yang Diimingi Korban Jadi PNS

PENANEGERI, Bireuen – Sat Reskrim Polres Bireuen berhasil mengamankan dan menangkap HM (51) pelaku penipuan yang mengimingi korbannya bisa meluluskan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

HM yang juga mengaku mantan anggota TNI warga Kecamatan Peudada, Bireuen itu ditangkap setelah adanya laporan dari korban, Fadhila (37) warga Kecamatan Kuta Blang, Bireuen tanggal 14 Desember 2019 ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres setempat.

Sebelum ditangkap, informasi dari warga di Kutablang, Bireuen, tersangka HM ini sempat mengaku kepada warga, kalau dirinya TNI berpangkat Mayor, dan mengimingi mampu membantu mengurus jadi PNS, mengurus rumah bantuan serta pekerjaan.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, MSi melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah SIK kepada Penanegeri.com, Senin (16/12) membenarkan, kronologis penangkapan terhadap HM yang melakukan aksi penipuan terhadap saudari Fadhila seorang ibu rumah tangga di Kutablang.

“Pelaku ini mengaku kepada korban, kalau dirinya bisa meluluskan menjadi PNS, dengan syarat menyerahkan foto kopi KTP, akte, ijazah, pas foto dan uang sebesar Rp 3 juta,” terang Iptu Rezki.

Dijelaskan, kejadiannya terjadi pada tanggal 10 Agustus 2019 lalu, saat dirinya bertemu dengan pelaku melalui adik iparnya sendiri di Kutablang, Bireuen.

“Sejauh ini pelaku HM masih kita periksa lebih lanjut. Namun  apakah masih ada korban lain yang dirugikan oleh pelaku,  atau tidak dan kita masih menunggu laporan dari pihak korban lainnya,” sebutnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku HM ini  dijerat Pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *