oleh

Polres Langsa Ringkus Empat Tersangka dan Ratusan Gram Sabu

PENANEGERI, Langsa – Sat Res Narkoba Polres Langsa berhasil meringkus empat tersangka penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan ganja di lokasi dan waktu yang berbeda.

“Dari keempat tersangka petugas juga berhasil menyita barang bukti sabu seberat 183,65 gram dan ganja seberat 41,99 gram,” sebut Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan, SIK, M.Sc, melalui Kasat Res Narkoba Iptu Wijaya Yudistira Putra, SH saat menggelar konfresi pers, Jumat (8/11) di Aula Mapolres setempat.

Dijelaskannya, pengungkapan itu berawal dari informasi masyarakat, bahwa sebuah rumah di sebuah rumah di Dusun Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur dijadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli narkotika jenis sabu.

Dari informasi tersebut, Rabu (6/11) sekira pukul 01.00 WIB, Unit Opsnal Sat Res Narkoba melakukan penggerebekan dan berhasil mengamankan tersangka RH (30) warga gampong setempat.

Dari tangan tersangka, lanjut Kasat, petugas berhasil menyita barang bukti enam paket sabu dengan berat 0,67 gram, sat bungkus ganja dengan berat 22,30 gram, 13 bungkus ganja dengan berat 19,69 gram serta sejumlah barang bukti lainnya.

Baca Juga  ASN Tersangkut Korupsi di Bireuen Belum Dipecat

Kemudian, hasil keterangan dari tersangka RH, bahwa ia mendapat sabu dari seorang temannya SB (37 warga gampong yang sama. Lalu, petugas melakukan pengembangan dan sekira pukul 03.30 WIB, SB berhasil diamankan.

Setelah itu, tersangka dibawa ke tambak di dekat rumahnya dan saat dilakukan penggeledahan di dalam gubuk ditemukan barang-bukti yakni 23 paket sabu dengan berat 4,10 gram, satu unit hp, uang tunai sebesar Rp 300.000, satu unit Sepmor nomor polisi BL 4280 FH serta sejumlah barang bukti lainnya.

Kasat juga menjelaskan, pengakuan tersangka, sabu yang ditemukan itu didapat dari temannya bernama AG (43) warga Dusun Rantau Panjang, Gampong Tanjung Neraca, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang.

Selanjutnya dilakukan pengembangan dan sekira pukul 06.10 WIB, petugas berhasil mengamankan tersangka, AG di rumahnya dan sat dilakukan penggeledahan di dalam rumahnya ditemukan barang bukti satu paket sedang sabu dengan berat 20,38 gram, satu unit handpon, satu unit Sepmor nomor polisi BL 3480 UAH.

“Kepada petugas, tersangka AG mengaku sabu itu dari DA, (37) warga gampong yang sama,” timpalnya.

Baca Juga  Tim Gabungan Polda Aceh Amankan Seorang KKB di Aceh Timur, Tersangka Tewas Tertembak

Petugas kembali melakukan pengembangan dan sekira pukul 07.00 WIB, tersangka DA berhasil diamankan, saat dilakukan penggeledahan di rumah tersangka ditemukan barang bukti yakni dua paket sabu dengan berat tujuh gram, empat paket sedang sabu dengan berat 151,50 gram dan satu unit hp.

“Sabu yang ditemukan tersebut dibeli dari temannya yang berinisial M (DPO) sebanyak 2 ons/200 gram dengan harga Rp 96.000.000, untuk dijual kembali oleh tersangka diwilayah Kota Langsa dan Aceh Tamiang,” ungkap Kasat.

Kini keempat tersangka beserta barang bukti diamankan di Mapolres Langsa, guna proses lebih lanjut dan kepada para tersangka akan dijerat Pasal 111 Subs Pasal 112 Subs Pasal 114 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009, Tentang Narkotika dengan pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Komentar

Berita Terbaru