oleh

Polresta Banda Aceh Bekuk Komplotan Spesialis Pembobol Rumah Kosong

PENANEGERI, Banda Aceh – Satuan Unit Kejahatan dan Kekerasan Reserse Kriminal (Jatanras Sat Reskrim) Polresta Banda Aceh bersama Opsnal Polsek Ulee Kareng, berhasil membekuk empat tersangka spesialis pembobol rumah kosong serta mengamankan sejumlah barang bukti.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didampingi Kasat Reskrim AKP M Taufiq, SIK, saat konfresi pers, Kamis (31/10) di Indoor Polresta Banda Aceh mengatakan, keempat tersangka itu berinisial AK alias Pak Eko (29) warga Blang Asan Kota Sigli, AH (19) warga Cot Masjid Banda Aceh, RS (23) dan IR (21) keduanya warga Desa Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh dan satu orang tersangka, sedangkan F (DPO).

Dijelaskan Kapolres, selama Oktober ini pihaknya menerima 10 laporan polisi terkait aksi pencurian rumah kosong yang dilakukan oleh keempat tersangka tersebut.

Ia juga menambahkan, sebelum melakukan aksinya, para tersangka terlebih dahulu melakukan pemantauan terlebih dahulu menggunakan mobil Honda Brio dan mobil Daihatsu Terios. Kemudian, setelah yakin rumah yang menjadi target dalam keadaan kosong, maka tersangka mencongkel jendela rumah para korban menggunakan obeng dan tang, lalu masuk kedalam rumah dan mengambil barang berharga milik para korban.

Baca Juga  Pelajar yang Tenggelam di Sungai Keureuto Ditemukan

Aksi pencurian rumah kosong ini berhasil diungkap berawal dari rekaman CCTV disalah satu TKP dan informasi yang didapat oleh personel unit Reskrim Polsek Darul Imarah. Setelah mendapat informasi itu, petugas melakukan pengembangan sehingga didapat identitas tersangka.

“Penyelidikan ini juga dilakukan bersama dengan personel unit Reskrim Polsek Ulee Kareng. Saat melakukan penyelidikan, petugas mendapat informasi bahwa mobil Honda Brio dengan nomor polisi BL 1798 LC sedang berada di salah satu doorsmer di Jalan AMD Gampong Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh,” beber Kapolres.

Kemudian, sambung Trisno, petugas mendatangi doorsmer tersebut dan ternyata pelaku mengetahui bahwa dirinya sedang dicari oleh polisi, saat itu juga pelaku kabur dan terjadi kejar-kejaran dengan polisi, akhirnya salah seorang tersangka AK berhasil diringkus.

“Kepada petugas, tersangka AK mengakui jika dirinya telah melakukan pencurian di sejumlah tempat diwilayah hukum Polresta Banda Aceh. Dari hasil pengembangan petugas berhasil mengamankan tersangka lainnya dan salah satunya tersangka F¬†ditetapkan sebagai DPO,” terang Kapolres.

Baca Juga  KPA Pase Sebut Komnas HAM Tak Berhak Panggil Mualem

Mantan Kabag Binkar Polda Aceh ini juga mengatakan, petugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti dari keempat tersangka yakni laptop, jam tangan, kompor gas, emas, televisi, dua unit mobil dan sejumlah barang bukti lainnya.

“Akibat perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 363 ayat 2 KUHP Jo Pasal 363 ayat 1, ke 3,4,5 KUHP Jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman pidana 9 tahun kurungan penjara,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru